Sunday, February 28, 2010

TANGGUL CIRONGGENG DIPERBAIKI

Perbaikan tanggul cironggeng yang menjadi penyebab banjir di cingised akan dilaksanakan sabtu 20 februari.
Rencananya tanggul mulai dibronjong sementara dengan menggunakan karung.
Sedikitnya 96 rumah di Jl. cingised kel. Cisaranten kulon terendam akibat jebolnya tanggul cironggeng.
Dibeberapa titik ketinggian air mencapai 1 meter, 100 warga terpaksa mengungsi ke puskesmas dan rusunawa cingised.
Tanggul yang jebol sekitar 30 M terletak di tepian kompleks arcamanik endah, sebagai antisipasi awal dibangun tanggul darurat dari karung.
Sedikitnya terdapat 3 titik tanggul lain yang dinilai rawan dan akan segera ditangani untuk mengantisipasi kejadian serupa.

Thursday, February 25, 2010

SPORT JABAR AGAR DIHENTIKAN

DPRD kab. Bandung meminta pemprov jabar menghentikan pembangunan kawasan olahraga sport arcamanik Kota Bandung karena sampai saat ini belum ada kesepahaman MoU antara pemprov jabar dan pemkab bandung. Pemprov jabar sudah mulai membangun tanah arcamanik untuk sport jabar. Padahal belum ada MoU antara kedua belah pihak.
Tanah arcamanik seluas 100 ha bernilai hampir Rp. 430 miliar. Hingga saat ini belum jelas konpensasi yang akan diterima pemkab bandung.
Padahal dana konpensasi bisa untuk membangun jalan tol gedebage-majalaya atau pengembangan kotabaru tegalluar. Pada dasarnya pemkab bandung mendukukng rencana pembangunan SOR arcamanik selama pengelolaannya sesuai harapan masyarakat.Tetapi harus diperhatikan bahwa arcamanik merupakan aset kabupaten bandung.
Sebelum pemekaran kab. Bandung tanah arcamanik masuk ke kp. Cipamokolan desa tegalluar bojongsoang kab. Bandung. Jadi seharusnya warga desa tegalluar mendapat konpensasi terkait pemakaian tanah arcamanik. Bisa berupa perbaikan infrastruktur, antara lain pembangunan jalan, pembuatan danau dan pembuatan danau penampung air banjir.
Selain membahas penyerahan aset pemkab bandung ke bandung barat juga membahas aset kabupaten bandung termasuk arcamanik. Perhitungan aset kab. Bandung lebih rumit dan makan waktu lama apalagi menyangkut lahan arcamanik Kelemahan pemerintah daerah adalah manajemen aset.
Sebelumnya gubernur jabar menyatakan Status lahan pacuan kuda Arcamanik ini milik Pemprov Jabar.
Terkait pembebasan lahan menurut gubernur jabar tidak masalah karena tanah tersebut milik pemprov jabar dengan sertifikat yang jelas. Kalau ada permasalahan akan diselesaikan bersama karena menyangkut kepentingan warga jabar.
Pembangunan SPORT jabar akan menelan biaya Rp. 172 miliar dan akan mulai dibangun pada tahun 2010.
Diatas lahan 15 ha tersebut akan dibangun sarana prasarana olahraga dari 17 sampai 20 cabang olahraga.

PEMBANGUNAN TANGGUL HARUS PERMANEN

Pembangunan tanggul di blok keman sepanjang 35 M yang sempat jebol 2X akibat gerusan sungai cimanuk dipastikan tidak akan bertahan lama.
Tanggul yang dibuat saat ini hanya bersifat sementara sebagai langkah darurat dan diperkirakan hanya mampu bertahan selama satu musim hujan.
Penyebab jebolnya tanggul bukan berasal dari atas permukaan air melainkan tergerus dari bagian bawah yang menyebabkan bagian atas tanggul ambruk akibat kondisi sungai yang semakin dalam serta pergeseran alur sungai dari sebelumnya.
Oleh sebab itu penanganan tanggul pun harus dilakukan secara permanen, saat ini terdapat 6 titik tanggul yang kondisinya cukup kritis antara lain di blok cambay, desa pakubeureum, kec. Kertajati (50 M), blok bugel (30 M) dan blok keman yang tengah ditangani sepanjang 150 M.
Selain itu di blok klewih hingga pasar jatitujuh sepanjang 1500 M, tebing sungai pasirmalati habis terkikis sekitar 50 M.
Begitu juga di alur sungai cilutung di sekitar jembatan cilutung tepatnya desa kadipaten sepanjang 50 M kondisinya kritis.
Total anggaran untuk penanganan sejumlah tanggul yang kritis tersebut masih harus dihitung apalagi jumlah titik kerusakan tanggul jauh lebih banyak.

GEDUNG KESENIAN MUBAZIR

Gedung kesenian lengkap dengan tribun penonton di kompleks wisata situ ciburuy terbengkalai sejak akhir 2005 lalu. Masyarakat bandung barat berharap agar pengelolaan gedung aset pemprov jabar diserahkan kepada mereka. Sejak gedung berdiri tidak ada sosialisasi kepada masyarakat dan aparat desa bahkan pemerintah yang waktu itu masih tergabung kedalam kab. Bandung.
Masyarakat menuntut kejelasan status fungsi dan kegunaan gedung tersebut.
Dinas pariwisata bandung barat telah melayangkan surat kepada Dinas PU provinsi jawa barat berisi pengajuan izin kewenangan dan pemanfaatan gedung.
Jika pengelolaannya diserahkan kepada pemkab niscaya lebih banyak kegiatan masyarakat berbasis kesenian bisa dilakukan.
Pemkab sungkan untuk membenahi kondisi gedung karena khawatir tumpang tindih kewenangan.

TANGGUL WADUK CIPANCUH KONDISINYA MAKIN KRITIS

Kondisi tanggul cipancuh yang mengalami ambles kondisinya semakin kritis dengan tingkat penurunan muka tanggul yang semakin dalam.
Pemkab indramayu mulai menyiapkan proses evakuasi untuk menghindari jatuhnya korban jika tanggul yang ambles sampai jebol.
Sebanyak 6 KK warga yang posisi rumahnya berhadapan dengan tanggul mengungsi ke kawasan yang lebih aman dari terjangan air bah.
Sepanjang 100 meter tanggul yang ambles terus menerus mengalami penurunan permukaan.
Volume genangan air waduk akibat hujan yang terus mengguyur semakin meningkat dan telah mencapai 15 juta m3 atau mendekati daya tampung max.
Jika muka iar waduk meninggi seiring dengan intensitas curah hujan yang turun bukan mustahil air akan limpas melewati tanggul yang ambles hingga memicu bencana.
Volume air di waduk cipancuh lebih banyak lima kali lipat dibanging volume air waduk situgintung yang jebol beberapa waktu lalu. Bisa dibayangkan kalau sampai waduk cipancuh jebol.
Waduk cipancuh sejak dibangun th. 1927 tidak pernah mendapat perhatian berarti dalam hal perawatan.

Wednesday, February 24, 2010

DPRD LAKUKAN SIDAK PROJEK KANTOR PEMKAB

Komisi C DPRD mempertanyakan belum rampungnya pembangunan gedung kantor pemkab bandung barat yang berlokasi di jl. raya tagog padalarang.
Seharusnya proyek ini bisa selesai akhir th. 2009 dan sudah layak huni pada januari tahun ini..
Kontraktor projek telah mengajukan surat permohonan tambahan waktu kepada pemkab tetapi belum ada balasan. Kontraktor projek telah mengajukan surat permohonan tambahan waktu kepada pemkab tetapi belum ada balasan.
Ketika dilakukan sidak ke lokasi pembangunan sebaiknya diadakan pertemuan tripartit antara DPRD, kontraktor dan Distarcip kabupaten bandung barat.
Komisi C menganjurkan agar kontraktor dan pemkab menempuh upaya normatif atau pelelangan kembali karena kontraktor telah gagal memenuhi waktu.
Site manager PT. Nabatindah Sejahtera telah mengajukan pertambahan waktu hingga 21 januari 2010 surat pengajuan ditujukan ke distarcip tapi belum ada jawaban.
Keterlambatan pengerjaan proyek karena kontraktor seharusnya mulai mengerjakan proyek tanggal 10 juli 2009 tapi baru dimulai seminggu kemudian.
Sesuai dengan klausul perjanjian jika diberi perpanjangan waktu maka kontraktor akan dikenai denda penalti hampir Rp. 7 juta perhari.

Monday, February 15, 2010

Jabar Usul Tiga Proyek Panas Bumi

Pemerintah Daerah Jawa Barat mengusulkan agar proyek pengembangan panas bumi dikembangkan di tiga kawasan berbeda yakni di Gunung Papandayan, Gunung Pangrango, dan Gunung Ciremai. Ketiganya diharapkan akan masuk dalam buku Public Private Partnership atau buku tentang proyek-proyek infrastruktur yang didukung oleh pemerintah pusat dan dikerjasamakan dengan swasta.
"Kalau proyek panas bumi ada usulan dari Pemda Jabar di Gunung Papandayan, Pangrango, dan Ciremai. Itu sudah masuk dalam PPP Book. Lalu ada juga yang lain. Ini bukan dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) tapi dari Pemda. Sebab, WKP (wilayah kerja pertambangan) itu bukan hanya dimiliki PLN, ada juga milik Pertamina, dan ada juga yang milik Pemda," ungkap Deputi Bidang Sarana Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dedy S Priatna di Jakarta, Senin (15/2/2010) usai bertemu dengan Presiden Bank Jepang untuk Kerjasama Internasional (JBIC) Hiroshi Watanabe.  
Untuk menopang pertumbuhan penjualan listrik tersebut, PLN membutuhkan bahan bakar yang merupakan kombinasi dari bahan bakar minyak (BBM) yang dipasok PT Pertamina (Persero) dan non-Pertamina. BBM Pertamina masih mendominasi bahan bakar pembangkit listrik PLN, yakni mencapai 3,66 juta kiloliter (kl) tahun 2010 atau turun dari tahun 2009 sebesar 6,41 juta kl. BBM non-Pertamina hanya 900.000 kl atau turun dari 2009, yakni 1,5 juta kl.     
PLN juga menggunakan empat jenis bahan bakar lain, yakni biofuel, gas alam, batu bara, dan panas bumi. Total kebutuhan biofuel tahun 2010 mencapai 396.375 kl atau naik dibandingkan dengan tahun 2009 yang diperkirakan 18.000 kl.     
Adapun kebutuhan gas alam tahun 2010 diperkirakan 323.447 billion british thermal unit (BBTU) atau turun dari tahun 2009 sebesar 324.485 BBTU. Sementara kebutuhan batu bara tahun 2010 diproyeksikan 31,7 juta ton atau naik dari tahun 2009sebanyak 23,49 juta ton. Untuk panas bumi, pemerintah memperkirakan kebutuhan pembangkit PLN mencapai 3,56 juta MWh atau naik dari tahun 2009 sejumlah 3,54 juta MWh.

Friday, February 12, 2010

BBWS CITANDUY MINTA RUMAH SAKIT DIGESER

BBWS citanduy membuat rekomendasi mengejutkan soal Patroman Medical Centre suatu rumah sakit swasta di kawasan parunglesang banjar. Rekomendasinya adalah menggeser bangunan yang sudah nyaris selesai itu agar menjauhi sungai citanduy karena masuk dalam wilayah sempadan sungai.
Bangunan agar digeser menjauhi tepi sungai minimal 4 meter dari tempat sekarang, sehingga letaknya menjadi di luar garis sempadan sungai ( kepala BBWS Ir. Agus Rahardjo ).
Rekomendasi dikeluarkan menyusul menghangatnya persoalan tentang pembangunan PMC, jogging track, waterpark dan gedung golkar di parunglesang.
Pembangunan objek-objek tersebut telah melanggar Peraturan menteri PU tentang garis sempadan sungai, daerah manfaat sungai, daerah penguasaan sungai dan bekas sungai juga perda provinsi jabar tentang sempadan air. Pihak BBWS melakukan analisis terhadap beberapa bangunan di parunglesang, diketahui bahwa PMC memang bermasalah bila dikaitkan dengan sempadan  sungai. Sementara bangunan lain kecuali pagar waterpark tidak bermasalah.
PMC bermasalah karena setelah dilakukan pengukuran tampang sungai, lokasinya masuk dalam dalam wilayah sempadan sungai 4 meter.
Rekomendasi lainnya jika bangunan tidak mungkin digeser adalah membuat bangunan tanggul sepanjang kurang lebih 300 meter dengan elevasi puncak tanggul pada batas minimal tertentu, atau mengepress bagian tebing kiri sungai sepanjang kurang lebih 150 meter dan lebar 5 meter dan dengan membuat  bangunan pengaman tebing dan kompensasi lainnya sesuai keperluan serta pemeliharaan secara berkelanjutan.
Sesuai dengan Permen PU pemanfaatan sempadan sungai harus memperoleh izin terlebih dahulu dari pejabat berwenang atau pejabat yang ditunjuk olehnya serta memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Monday, February 8, 2010

PENGEMBANGAN KAMPUNG NAGA

Setelah berhasil memperoleh pasokan minyak tanah dan menolak penerangan listrik tenaga surya dari pemerintah, warga Kampung Naga kini membangun kampung wisata lain. Lokasinya tidak jauh masih di kawasan salawu, kampung ini bertujuan untuk melestarikan keberadaan situs di kampung masigit.
Perhatian pemerintah terhadap warga kampung naga kini terus meningkat. Pemprov jabar memberi bantuan khusus untuk pengembangan budaya pada  masyarakat adat kampung naga.
Di kampung pasir masigit selain terdapat situs juga terdapat dua belas mata air, dimana dua diantaranya kritis sehingga menyebabkan berubahnya lahan pengangonan seluas 7 ha.
Guna menyelamatkan lahan kritis Dinas Tarkim Kab. Tasikmalaya memberikan bantuan bibit 9000 pohon diantaranya durian, rambutan serta 2500 bibit pohon kemiri sunan.
Dinas pariwisata beserta Bappeda kab. Tasikmalaya merencanakan pembangunan infrastruktur . Sebagai langkah awal telah dirintis melalui pendirian  beberapa bangunan di cikiray termasuk penanaman pohon.
Perhatian terhadap budaya juga dilakukan polwil priangan degan membuat papan peringatan di situs-situs seluruh priangan termasuk kampung naga.
Dari situ DPRD bisa menetapkan cagar budaya atau situs-situs yang harus dilindungi. Setelah itu ditempeli peringatan seperti seratus papan perlindungan situs yang dipasang polwil.
Mendengar upaya serius ini Komisi A DPRD ikut tergugah dan memperjuangkan lahirnya perda untuk melindungi kampung naga. Pembuatan perda tidak memerlukan waktu lama, jika serius tidak sampai tiga bulan.
Desa budaya atau kampung wisata merupakan bagian perlindungan terhadap kampung naga juga terhadap cagar budaya dan situs yang banyak terdapat di Tasikmalaya.
Bila tasikmalaya berhasil melahirkan perda perlindungan cagar budaya, hal itu bisa dicontoh daerah lain. Harapannya bila seluruh daerah memiliki perda perlindungan cagar budaya maka harapan pelestarian alam di jawa barat bisa terlaksana.
Dimulai dari kearifan lokal masyarakat kampung naga pembuatan perda kab. Tasikmalaya dan akhirnya dijadikan perda jawa barat. Lebih ideal daerah lain di jawa barat  juga melahirkan perda serupa sehingga seluruh cagar budaya dan situs terjaga dan terlindungi.

SUKABUMI SIAGA SATU BENCANA

Satkorlak PBA sukabumi memberlakukan siaga satu terutama di kawasan merah rawan bencana tanah longsor.
Bahkan di sepanjang pesisir sungai nangewer kec. Purabaya kab. Sukabumi status siaga satu ditingkatkan menjadi awas siaga untuk mengantisipasi banjir bandang.
Sabtu pagi 6 februari banjir bandang sempat merendam 93 rumah warga, bahkan 4 rumah warga yang berada tak jauh dari aliran sungai sempat terendam 3M.
Tidak hanya merendam rumah warga tetapi juga menggenangi 30 ha lahan persawahan milik warga yang siap panen.
Warga mengkhawatirkan bencana tanah longsor di atas tebing kembali terjadi, apalagi getaran tebing di kampung cibening satu atau dua terus terjadi.

Sunday, February 7, 2010

TREK JOGING AMBROL SEBELUM DIRESMIKAN

Bahu jalan trek joging yang dibangun tepat di bantaran sungai citanduy di parunglesang ambrol selebar 2 M dan sepanjang 18 M sabtu dini hari 6 februari.
Penyebab ambrol diduga karena digerus air sungai citanduy yang besar setelah kawasan priangan timur diguyur hujan besar.
Pemkot banjar mengalami kerugian yang tidak sedikit akibat kejadian itu, dugaan pemkot banjar membangun tanpa perencanaan seakan terbukti.
Ambrolnya bahu jalan trek joging tersebut telah merugikan karena menggunakan uang dari APBD kota banjar.
Jauh sebelumnya para aktivis sudah menyoroti pembangunan trek joging dan medical centre di parunglesang, karena pembangunannya pada area tertentu  masuk ke bantaran sungai citanduy. Selain dilarang juga berbahaya bila sewaktu-waktu bisa tergerus air sungai.
Dan ternyata terbukti sebelum digunakan trek joging tersebut khususnya yang berada di bantaran sungai ambrol dan tercatat yang kedua kalinya.
Kepala dinas PU banjar secara jujur mengatakan bahwa kejadian tersebut bukti bahwa dia dan jajarannya belum sempurna.
PU akan meminta pemborong yang menangani proyek untuk memperbaiki jalan yang ambrol tersebut.
Kepala BBWS citanduy mengatakan bahwa ambrolnya joging trek dibantaran sungai citanduy sudah diprediksi sebelumnya. Atas dasar tersebut beberapa waktu lalu BBWS citanduy meminta agar di sekitar kawasan tersebut dibangun proteksi tebing.

Thursday, February 4, 2010

TANGGUL CIPUNAGARA KRITIS

Tanggul sungai cipunagara kini kondisinya kritis terutama di blok istal desa / kecamatan pamanukan subang sehingga masyarakat sekitar dilanda keresahan jika tanggul jebol ribuan rumah dan ribuan hektar sawah dan tambak akan diterjang banjir besar.
Banjir besar sempat melanda pamanukan 5 tahun silam akibat jebolnya tanggul di blok istal dan merendam rumah warga setinggi 50-100 cm .
Dikhawatirkan bencana akan terulang terlebih lagi tembok penahan tanggul ada yang bocor.
Tanggul blok suryadi saat ini ambles dan masih dalam perbaikan secara darurat bahkan saat air cipunagara naik ada beberapa titik tanggul yang bocor.
5 titik tanggul yang ambles diantaranya di dusun tanjungjaya desa patimban.
Wewenang perbaikan tanggul cipunagara bukan berada di pihak pemkab subang tetapi marupakan tanggung jawab.

TEBING DI SALAWU LONGSOR

Jalur lalu lintas yang menghubungkan daerah kota tasikmalaya dan kabupaten garut lewat singaparna kab. Tasikmalaya terancam putus total.
Tebing yang longsor lebarnya ± 10 M sudah mendekati badan jalan longsor dikhawatirkan akan mengikis badan jalan di belokan tajam tersebut.
Dibawah jalan tersebut ada aliran sungai dengan ketinggian antara lokasi sungai ke jalan 20 M dan menyebabkan sebagian daerah aliran sungai tertutup tanah.
Longsor di belokan tapal kuda ini bisa mengancam kelangsungan jalur utama garut-tasikmalaya atau sebaliknya dan jika terjadi longsor badan jalan dikhawatirkan akan ambles sehingga jalur lalu lintas putus.
Tim teknis bina marga jabar sudah turun ke lapangan mengecek kondisi jalur tapal kuda tenjowaringin dan sedang membuat kajian langkah-langkah yang akan dilakukan untuk antisipasi dari berbagai kemungkinan buruk.
Sedang dikaji kemungkinan membuat jembatan di jalur tersebut sehingga jalurnya tidak lagi berkelok melainkan langsung diluruskan.

SOSIALISASI CISOKAN HULU DIMULAI BULAN APRIL

Sosialisasi dan negosiasi biaya kompensasi pembebasan lahan bagi warga dalam pembangunan PLTA cisokan akan mulai dilakukan bulan april 2010 nanti.
Sosialisasi akan dilakukan sekaligus tawar menawar mengenai biaya kompensasi tanah (general manager PLN).
PLN menghargai aspirasi warga yang menuntut kejelasan biaya kompensasi namun PLN berharap masyarakat bersabar menunggu kesiapan PLN.
PLTA cisokan hulu diproyeksikan memproduksi listrik 1040 megawatt dan akan mensuplai listrik ke beberapa daerah di Indonesia dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2015.
PLTA diharapkan akan membawa dampak positif bagi warga sekitar dan mampu menghidupkan perekonomian di 4 kecamatan yaitu cipongkor, sindangkerta, gununghalu dan rongga.
Ketua komisi C DPRD akan segera menjadwalkan pertemuan dengan warga mengenai sosialisasi dan pembicaraan biaya penggantian tanah

JALAN KALIMALANG RUSAK PARAH

Kerusakan jalan sepanjang jalur kalimalang dari kota bekasi menuju kabupaten bekasi makin parah selama musim hujan bahkan menimbulkan 107 kecelakaan  terjadi sejak mulai musim penghujan.
Kerusakan terjadi hampir di sepanjang kalimalang mulai dari jalan tambun, cibitung hingga tegal gede cikarang, lubang di jalan berdiameter 1M hingga 3M dengan kedalaman sekitar 15cm hingga 25 cm.
Kepolisian kab. Bekasi bersama dengan dishub kab. Bekasi akan berupaya menertibkan truk-truk yang lewat yang bertonase tinggi dan memasang rambu yang diperlukan demi keselamatan pengguna jalan.
Kadis bina marga kab. Bekasi mengatakan untuk anggaran tahun ini pihaknya belum melakukan perencanaan jalan yang akan diperbaiki namun akan melakukan  pengecekan dan bisa jadi jalan di jalur kalimalang masuk dalam prioritas perbaikan jalan dari APBD 2010.

Wednesday, February 3, 2010

JALUR SALAWU SEMPAT TERPUTUS

Jalur lalu lintas yang menghubungkan daerah kab. Garut dengan kota tasikmalaya yang melalui singaparna kab. Tasikmalaya sempat terputus akibat longsor di citeguh desa tenjowaringin kec. Salawu kab. Tasikmalaya atau 7 km sebelum memasuki kab. Garut.
Longsor dari tebing dengan tinggi 30 M itu menutupi badan jalan sepanjang 18 M dengan ketebalan lebih dari 3 M.
Sekretaris balai pengelolaan jalan wilayah priangan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat Agus Salim ketika dihubungi langsung turun bersama alat berat dan 2 kendaraan truk.
Warga setempat mengkhawatirkan adanya longsor susulan karena kondisi bukit citeguh yang berada di atas jalan raya sudah terbelah.

WARGA MINTA SUNGAI DIKERUK

Warga sekitar sungai di kota bekasi meminta pemerintah segera melakukan normalisasi atau pengerukan pada sejumlah sungai yang mengalami pendangkalan.
Akibat pendangkalan sungai yang cukup tinggi perumahan warga terancam banjir setelah hujan turun berjam-jam di kota bekasi sepekan terakhir ini.
Warga sekitar kali rawa tembaga mengatakan kali tersebut mengalami pendangkalan sehingga daya tampung berkurang padahal debit air hujan sangat tinggi.
Jika kali rawa tembaga meluap akan mengancam sejumlah perumahan seperti perumnas I, Kompleks bumi satria kencana, perumahan kejaksaan dan perumnas II.
Warga sekitar kali jatikramat pondok gede juga mengeluhkan hal serupa sungai sering meluap ke perumahan karena pendangkalan sungai sangat parah.
Bina marga mengakui beberapa sungai di kota bekasi mengalami pendangkalan hingga 50 cm bahkan ada yang mencapai 1 m.
Pada 2010 pihaknya memiliki projek normalisasi sungai ataupun pengerukan sejumlah sungai hanya belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat karena APBD belum bisa dicairkan.
Anggaran untuk bina marga mencapai Rp. 200 miliar selain untuk perbaikan infrastruktur jalan juga akan dilakukan untuk normalisasi sungai dan pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan.
Normalisasi sungai kota bekasi diprediksi bisa mengurangi resiko banjir terutama di sejumlah kompleks perumahan yang menjadi langganan banjir di wilayah itu.
Banyaknya pendangkalan sungai juga disebabkan oleh kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai.

RUAS JALAN MAJALENGKA-DAWUAN RUSAK PARAH

Ruas jalan majalengka-dawuan lintas tarikolot-cikasarung-leuwikidang-gandasari kondisinya rusak parah sejak 4 tahun lalu.
Kerusakan jalan dimulai dari depan kantor kelurahan tarikolot hingga wilayah dawuan di beberapa titik lubang mencapai kedalaman 20 cm sedangkan panjang dan lebar kerusakan hampir di seluruh badan jalan terutama kelurahan cikasarung, leuwikidang dan gandasari.
Awalnya jalan itu menjadi jalur utama majalengka-dawuan dan majalengka-kasokandel.
Karena kondisi jalan rusak masyarakat lebih memilih ruas jalan kadipaten walaupun lebih jauh.
Kimpraswil membenarkan kalau ruas jalan tersebut rusak parah dan sudah diperbaiki tahun 2007. perbaikan jalan dilakukan bertahap terakhir dengan panjang 2 Km sehingga kerusakan terus terjadi karena [erbaikan tidak tuntas.
Tahun ini tengah diusulkan perbaikan secara menyeluruh.

WARGA CIREBON TIMUR TUNTUT PERBAIKAN JALAN

Puluhan warga dan tokoh masyarakat wilayah timur kab. Cirebon melakukan aksi unjuk rasa di jalan kabupaten tepatnya di depan RSUD waled, mereka menuntut perbaikan jalan yang kondisinya rusak berat.
Selain jalan bergelombang dan berlubang pada musim hujan poros kabupaten becek dan kotor hingga mengganggu pengguna jalan dan masyarakat sekitar.
Usulan jalan rusak berat agar segera diperbaiki sudah dilakukan melalui musyawarah rencana pembangunan dan laporan kuwu namun belum ditindaklanjuti.
Kerusakan jalan diduga akibat kurang pemeliharaan dan tidak tegasnya aparat dalam menindak kendaraan yang melebihi tonase terutama truk tronton.
Tidak hanya jalan di depan RS.waled yang mengalami kerusakan tapi hampir seluruh jalan poros kabupaten dan jalan penghubung antar desa di wilayah ini.
Aksi unjuk rasa di jalan waled merupakan bentuk kegelisahan warga terhadap buruknya infrastruktur di wilayah tersebut.

CITANDUY BUTUH UPAYA BERSAMA

Kepala BBWS citanduy menyebutkan penanganan kasus terendamnya ratusan hektar sawah di padaherang dan kalipucang bukan hanya tanggung jawab BBWS citanduy pihak lain mesti bertanggung jawab pula.
Selain pemerintah pusat pemerintah daerah  dan masyarakat juga harus ikut bertanggung jawab.
Air dari luapan sungai citanduy belum juga surut namun diperkirakan sudah mulai berkurang areal yang terendam.
Air citanduy mulai merendam sawah sejak kawasan ciamis selatan diguyur hujan yang tiada henti jika tidak segera surut dalam satu minggu dikhawatirkan padi akan mengalami puso.

Tuesday, February 2, 2010

CIMAREME DISERGAP CILEUNCANG

Banjir cileuncang setinggi 20 cm kembali menyergap pertigaan cimareme-batujajar pada senin sore mengakibatkan antrean kendaraan 1 Km hingga gerbang   tol padalarang timur dan memanjang 500 M kearah pusdikter gadobangkong ngamprah bandung barat.
Drainase sekitar pertigaan cimareme-batujajar sudah tidak dapat menampung limpasan air meski hujan kecil.
Drainase di pertigaan itu merupakan kewenangan provinsi jabar khususnya dari cimareme menuju batujajar sedangkan drainase di sepanjang jalan cimareme hingga rajamandala merupakan kewenangan pusat.
Drainase tersebut saat ini kurang berfungsi akibat sampah dan endapan lumpur
Genangan cileuncang muncul dari limpasan irigasi cukangkawung dan runoff dari permukiman warga.
Dinas bina marga pemprov jabar sempat berkunjung ke kab. Bandung  barat dan berencana melakukan normalisasi saluran di tahun 2010.
Diharapkan kondisi drainase bisa segera dipulihkan agar bisa berfungsi optimal kembali.

Tiga Sodetan Segera Dibangun Atasi Banjir

DBMP kota bandung menargetkan pembuatan tiga sodetan di aliran sungai cisalatri bisa rampung pada 2010 untuk mengurangi banjir di kawasan permukiman sekitar kec. Panyileukan.
Pembebasan lahan sudah selesai tinggal menunggu proses lelang dan diperkirakan tahun 2010 ini bisa selesai.
Dengan adanya sodetan jalur pengeluaran air bisa lebih besar tidak seperti saat ini debit air dari kawasan tidak sebanding dengan pengeluaran.
Pembuatan tiga sodetan ini menghabiskan dana Rp. 9 miliar dari APBD Kota Bandung 2010.
Akan dibuat lagi satu sodetan di kawasan cimencrang namun belum ada kesepakatan antara pemilik lahan dengan pemkot bandung.
Target perampungannya tahun 2011 dengan anggaran Rp. 3 miliar dari APBD kota bandung.
Sejumlah titik di kecamatan panyileukan rawan banjir karena secara geografis diapit tiga sungai yaitu cipariuk, cisalatri dan cilameta.
Kontur lahan turut mempengaruhi seperti permukiman di kel. Cipadung kidul yang ada di selatan soekarno hatta rata-rata berada 1-1.5 m di bawah permukaan jalan.

FLY OVER TAMBUN, CIBITUNG & LEMAH ABANG

Fly over  Tambun dibangun diatas jalan raya mekarsari-mangunjaya
Fly over Cibitung dibangun di kawasan desa wanasari
Fly over Lemah Abang masuk dalam anggaran pemprov jabar sebesar Rp. 6.6 triliun yang diajukan pada musrenbangnas 12 mei 2009.
Kepala Bappeda jabar mengatakan pada 2009 kebijakan pembangunann akan tetap diupayakan dalam kerangka peningkatan indeks pembangunan manusia.

Monday, February 1, 2010

Stadion Gedebage Selesai Desember

Pembangunan stadion utama sepak bola gedebage tidak akan rampung sebelum penyelenggaraan sea games september 2011.
Namun diperkirakan arena stadion sudah bisa digunakan untuk perhelatan olahraga tersebut.
Saat ini pembangunan SUS gedebage baru pada tahap pematangan lahan, projek pembuatannya digarap oleh PT. Adhi Karya sebagai pemenang  lelang dengan tawaran harga Rp. 495,945 miliar. Stadion ini berkapasitas 40.000 penonton dengan pembangunan memakan waktu 833 hari hingga rampung pada desember 2011.
Akses pembangunan SUS gedebage masih menggunakan jalan cimencrang dan akan dibuka akses baru dari KM 151 tol purbaleunyi.
Walikota mempersilahkan kepada pihak-pihak yang memiliki keraguan pelaksanaan lelang untuk melakukan klarifikasi bahkan melalui jalur hukum.
Sebelumnya komisi A DPRD kota bandung meminta keterangan panitia lelang dari distarcip kota bandung terkait nilai projek stadion utama sepak bola gedebage yang nilai selisih projeknya jauh lebih rendah dari hitungan semula sehingga dikhawatirkan terjadi salah prosedur.

PEMBANGUNAN VENUE SELESAI AKHIR MEI 2010

Kab. Bandung menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Porda XI jabar yang akan berlangsung bulan juli 2010 nanti.
17 cabang olahraga akan digelar dalam kegiatan multievent tersebut, saat ini beberapa venue cabor tengah dalam proses pembangunan.
Untuk dana pembangunan persiapan porda pemkab bandung sudah mentiapkan anggaran Rp. 15 miliar untuk pembangunan sarana prasarana diluar kompleks jalak harupat. Pembangunan venue olahraga tambahan di kompleks jalak harupat sendiri berasal dari dana bantuan pemprov sebesar 30 miliar.
Di jalak harupat akan dibangun lapangan hoki, lapangan sofbol bisbol serta lapangan panahan termasuk renovasi stadion. Semuanya berasal dari dana bantuan provinsi.
Kab. Bandung juga tengah merampungkan venue olahraga dayung di situ cileunca pangalengan yang sudah mencapai 60%.
Beberapa sarana tinggal proses penyelesaian akhir dan pembangunan si jalak sendiri bisa segera dimulai awal maret nanti.
Kab. Bandung sendiri sedang fokus untuk menata kompleks jalak harupat yang akan dijadikan tempat pembukaan porda dan kemungkinan besar akan menjadi tempat pelaksanaan pertandingan sofbol / bisbol, hoki dan panahan pada SEA GAMES 2011.

PROJEK SARANA PORDA TERHAMBAT

Pembangunan sarana porda provinsi jawa barat di kab. Bandung saat ini sudah memasuki tahap lelang. Pembangunan dikhawatirkan terhambat apabila APBD kab. Bandung 2010 tidak disahkan pada akhir februari nanti.
Porda jabar dijadwalkan juli mendatang. Selain di kab. Bandung porda dilaksanakan di kota bandung, kab. Bandung barat dan kota cimahi.
Dispertasih mengatakan jika APBD sudah disahkan akhir februari, awal maret sudah bisa keluar SPK untuk pengerjaan proyek.
Dana pembangunan sarana olahraga berasal dari APBD jabar tapi sebelum dicairkan dana tersebut harus masuk APBD kab. Bandung.
Di kawasan jalak harupat rencananya akan dibangun venue untuk olahraga hoki, sofbol/bisbol, dan panahan dengan rencana anggaran Rp. 24 miliar.
Venue juga akan dibangun untuk olahraga dayung di situ cileunca pangalengan, panjat dinding di banjaran, bela diri di soreang, anggar di dayeuh kolot dan aeromodeling di kec. Margahayu.
Untuk olahraga dayung membutuhkan dana Rp. 2.02 miliar untuk pembangunan basecamp, termasuk tempat parkir, tempat istirahat dan juga track pelampung. Luas sekitar 1.200 M2 dengan track pelampung 15 M X 1 KM.
Lapangan hoki seluas 8.000 M2 dengan dana Rp. 12.1 miliar dana terbesar untuk pengadaan karpet.
Lapangan sofbol / bisbol seluas 2.8 ha dibangun di kawasan jalak harupat direncanakan menghabiskan dana Rp. 6.6 miliar.
Untuk olahraga panahan dana dianggarkan sebesar Rp. 5.1 miliar untuk membangun lapangan seluas 1.5 ha dan membangun gedung seluas 900 M2.
Desain bangunan dimodifikasi agar di bawah tribun bisa digunakan untuk driving golf yang akan dibangun dengan ukuran 250 x 100 M.
Perencanaan area untuk panahan dipadu dengan golf dengan tujuan agar cash flow bisa berjalan karena banyak yang akan menggunakannya.
Lahan untuk panahan sudah siap tinggal lahan untuk bangunannya belum dibebaskan.

JALAN RUSAK MACETKAN LALU LINTAS

Kerusakan jalan di beberapa titik di kota bekasi menyebabkan kemacetan lalu lintas semakin parah.
Jalan yang rusak terletak di beberapa titik antara lain Jl. raya hankam (ujungaspal), pondok gede, jl. camanraya, jatibening serta jl. mayor oking bekasi timur.
Lubang di jalan hampir memenuhi seluruh badan jalan dengan kedalaman antara 5 cm sampai dengan 15 cm sehingga pengguna jalan harus berhati-hati.
Ketika hujan kondisinya akan lebih parah, jalan layaknya seperti kubangan untuk menolong pengguna jalan warga sekitar sengaja menguruk dengan bekas matrial.
Perbaikan jalan di kota bekasi belum bisa merata sebab masih tergantung ketersediaan anggaran yang dikucurkan.
Bina marga berjanji memperbaiki kerusakan secara bertahap dan menggunakan skala prioritas namun untuk 2010 belum bisa dilaksanakan karena APBD belum cair.
Kemungkinan dana perbaikan baru akan cair februari 2010, pemkot juga perlu melelang sejumlah proyek sehingga perbaikan jalan baru bisa dilaksanakan pada pertengahan tahun 2010 ini.
Bina marga mengalokasikan dana sekitar Rp. 200 miliar untuk segala kegiatannya pada tahun 2010 ini.

ORANG TUA MURID MINTA AKSES JALAN DIPERBAIKI

Para orang tua murid SDN 3 tegal datar purwakarta dan warga setempat meminta pemerintah segera memperbaiki akses jalan.
Akses jalan menuju SDN 3 tegal datar berada di persimpangan jalan besar yang menghubungkan cianjur-purwakarta.
Kadis bina marga purwakarta mengatakan untuk memuluskan jalan utama pemerintah untuk tahun 2010 sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 4 miliar untuk perbaikan jalan dari tegal datar hingga intake waduk cirata.

PSDA TAK PUNYA DANA PEMELIHARAAN DAS

Dinas PSDA jawa barat tak punya anggaran pemeliharaan daerah aliran sungai di kota bandung pada 2010.
Padahal banyak anak sungai di kawasan kota bandung yang kondisi drainasenya parah seperti cinambo dan cisaranten hingga menyebabkan banjir di  jalan soekarno hatta.
Padahal th. 2009 PSDA masih mendapatkan anggaran pemeliharaan DAS di kawasan cicadas, citepus dan cidurian.
Pihak PSDA dan BBWS akan membicarakan hal tersebut kepada pusat yakni Bappenas sehingga anggaran untuk pemeliharaan DAS kota bandung dapat tersedia.
Soal dana menjadi krusial karena proses perbaikan dan normalisasi sungai di kota bandung butuh biaya besar.
3 Hal yang harus dilaukan untuk menghentikan banjir di kawasan bandung timur tepatnya perempatan jalan soekarno hatta dan jalan rumah sakit.
Yaitu perbaikan drainase sungai cinambo dan cisaranten, peninggian gorong-gorong di sekitar perempatan jl. soekarno hatta - jl. rumah sakit yang selama ini hanya mampu menampung 50% debit air saat banjir dan pembuatan parit-parit pembuang di masing-masing sisi jalan tersebut.
Penyebab seringnya banjir di kota bandung adalah buruknya drainase di sungai-sungai karena mengalami sedimentasi dan ditumbuhi gulma.
Banjir di perempatan soekarno hatta-rumah sakit semakin parah sejak jalan soekarno hatta ditinggikan th. 2007 karena tidak diimbangi peninggian dan pelebaran dimensi gorong-gorong sehingga limpahan air tidak tertampung.
Bina marga diminta segera merevisi pembangunan tersebut dimensi gorong-gorong harus ditinggikan untuk menghentikan banjir cileuncang di wilayah ini.
PSDA sudah memetakan soal perbaikan sungai cinambo dan sungai cisaranten dan akan dibicarakan dengan bina marga dan BBWS.
Sampai saat ini pembangunan parit-parit pembuang belum bisa dilaksanakan terkait pembebasan lahan.
Sejauh ini PSDA memberikan bantuan berupa karung dan pompa untuk banjir di soekarno hatta.
Dana yang tersedia saat ini hanya untuk pemeliharaan anak-anak sungai di kabupaten bandung bersumber dari pinjaman bank asia.
PSDA juga akan mengupayakan pinjaman dana untuk pemeliharaan DAS kota bandung melalui ADB, bappenas bahkan lembaga bantuan asal jepang.