Friday, May 28, 2010

BENDUNG TIRTA TERANCAM TERBAWA EROSI CIDERES

Saluran air bendung tirta di blok cibasake terancam terbawa erosi karena tebing sungai cideres sepanjang 30 M yang berdampingan terus erosi. Erosi tebing sungai cideres yang ketinggiannya mencapai lebih dari 6 M selalu terjadi saat musim hujan.
Saluran air yang posisinya bersebelahan atau berjarak beberapa meter akan terbawa erosi pula akibatnya ratusan ha sawah tidak terairi.
Erosi tebing sungai diduga akibat gerusan air di bagian bawah serta alur air yang semakin bergeser.
Sementara itu bagian hulu atau bberapa puluh meter dari lokasi bendungan terdapat penggalian pasir yang dilakukan oleh masyarakat.
Untuk menyiasati agar saluran air tetap aman harus ada pengalihan alur sungai ke bagian tengah dan pemasangan bronjong di pinggir lokasi erosi.
Sepanjang aliran sungai cideres sangat mudah terjadi erosi karena tebingnya cukup tinggi mencapai 4-5 M terutama mulai bendung tirta hingga desa jatimapor yang jaraknya sepanjang 3 Km.
Awalnya jarak tebing sungai dan saluran air mencapai 8 M akibat terus abras jaraknya tinggal beberapa meter saja.

STADION GEDEBAGE SELESAI DESEMBER

Pembangunan stadion utama sepak bola gedebage tidak akan rampung sebelum penyelenggaraan sea games september 2011. Namun diperkirakan arena stadion sudah bisa digunakan untuk perhelatan olahraga tersebut.
Saat ini pembangunan SUS gedebage baru pada tahap pematangan lahan, projek pembuatannya digarap oleh PT. Adhi Karya sebagai pemenang lelang dengan tawaran harga Rp. 495,945 miliar.
Stadion ini berkapasitas 40.000 penonton dengan pembangunan memakan waktu 833 hari hingga rampung pada desember 2011. Akses pembangunan SUS gedebage masih menggunakan jalan cimencrang dan akan dibuka akses baru dari KM 151 tol purbaleunyi.
Walikota mempersilahkan kepada pihak-pihak yang memiliki keraguan pelaksanaan lelang untuk melakukan klarifikasi bahkan melalui jalur hukum.
Sebelumnya komisi A DPRD kota bandung meminta keterangan panitia lelang dari distarcip kota bandung terkait nilai projek stadion utama sepak bola gedebage yang nilai selisih projeknya jauh lebih rendah dari hitungan semula sehingga dikhawatirkan terjadi salah prosedur.

Monday, May 17, 2010

BOJONGSOANG MACET TOTAL AKIBAT BANJIR CITARUM

Ribuan sepeda motor dan kendaraan dan roda empat terjebak kemacetan hingga beberapa km di ruas jalan baleendah-bojongsoang kab. Bandung akibat banjir yang menggenangi jalan di desa cijagra kec. Bojongsoang.
Banjir disebabkan meluapnya sungai citarum akibat hujan deras yang mengguyur sejak kamis siang hingga jumat dini hari dan menggenangi baleendah.
Genangan air di desa cijagra menghambat arus lalu lintas dari wilayah bandung selatan ke kota bandung dan sebaliknya. Kemacetan terjadi akibat kendaraan bermotor yang biasa melewati dayeuhkolot-baleendah dialihkan ke bojongsoang. Banjir merendam sejumlah daerah di 3 kecamatan yakni dayeuhkolot, baleendah dan bojongsoang.

Sunday, May 16, 2010

BANGUNAN LIAR BANTARAN SUNGAI CIPALASARI DITERTIBKAN

Bangunan liar di bantaran sungai cipalasari akan ditertibkan untuk normalisasi sungai cipalasari dayeuhkolot bandung. Empat bangunan yang masih belum ditertibkan antara lain 2 rumah, 1 rumah makan dan 1 tempat cuci mobil. Normalisasi sungai cipalasari dilakukan karena sungai sepanjang 2 km yang bermuara di sungai cigede itu sudah tidak difungsikan sejak belasan tahun lalu.
Pendangkalan tanah dan sampah hingga muara sungai cigede membuat sedikitnya 4 desa di kec. Dayeuhkolot tergenang banjir setiap musim hujan.
Normalisasi sungai cipalasari dilakukan mulai awal mei lalu sepanjang 1.5 km untuk mengeruk tanah dan sampah yang menjadi sedimen dan akan memperlebar sungai yang semula 1-1.5 m menjadi 4 m.

TANGGUL CITARUM HAMPIR AMBROL

Tanggul kali citarum 15 meter hampir ambrol karena terkikis banjir akibat curah hujan yang tinggi padahal tanggul tersebut tanggul utama di kec. Cabang bungin.
Jika sampai ambrol ratusan kepala keluarga di cabang bungi akan terendam banjir setinggi 2 meter.
Bangunan tanggul yang tua sudah retak-retak dan penanggulangan sementara dengan menambal memakai karung pasir dan kayu-kayu bekas.
Seharusnya pemkab bekasi lebih perduli dan melakukan pengecekan, warga sudah melaporkan pada aparat desa tetapi belum mendapat tanggapan apa-apa.
Berdasar pemantauan tanggul yang sudah terkikis bagian bawahnya kondisinya sangat memprihatinkan dan sudah retak-retak.
Camat sudah melaporkan pada dinas bina marga untuk melakukan pengecekan agar tidak terjadi bencana lebih besar.

Saturday, May 15, 2010

AIR CITARUM TETAP MELIMPAS

Air sungai citarum tetap melimpas dan masuk ke perumahan warga meskipun warga telah meninggikan tanggul dengan menggunakan karung. Bencana banjir di karawang tanggul-tanggul mulai rawan jebol, bagian bawah retak-retak dan rembes karena bahan baku tanggul hanya tanah yang dipadatkan.
Di wilayah pusat kota air terus meninggi hingga 3 meter di sejumlah perumahan dan tak hanya perumahan di bantaran sungai citarum saja namun air telah merangsek masuk ke wilayah karawang kota.
Jalan-jalan di pusat kota turut terendam banjir seperti Jl. Kertabumi depan rumah sakit bayukarta dan wilayah gempol ketinggian air hingga 50 cm.
Hingga berita diturunkan banjir di kab. Karawang merendam 23 desa di 8 kecamatan.
Akibat banjir yang merendam sejumlah wilayah 63 gardu distribusi di 3 unit pelayanan jaringan karawang kota, rengasdengklok dan kosambi dipadamkan secara bertahap sejak minggu pukul 00.30 WIB.
Pemadaman terpaksa dilakukan untuk menghindari imbas lebih buruk karena diantara 63 gardu tersebut ada yang terendam hingga 1.5 meter.

Tuesday, May 11, 2010

PUSAT KEGIATAN NASIONAL DI JAWA BARAT

Tiga PKN tidak akan cukup bagi jawa barat untuk mewujudkan mimpi lamanya memajukan wilayah selatan karena semuanya ada di wilayah utara dan tengah yakni jakarta raya, bandung raya dan cirebon raya meliputi cirebon, indramayu, majalengka dan kuningan (ciayumajakuning).
Oleh karena itu akan pemprov jabar akan merancang 2 wilayah PKN di selatan jabar dengan palabuhan ratu dan pangandaran sebagai pusatnya.
Palabuhan ratu dan kawasan sekitarnya memiliki potensi perikanan yang besar sedangkan pangandaran kental dengan corak pariwisata dan perkebunan.
Kalau kelima PKN tersebut bisa berjalan barulah lengkap kemajuan di jawa barat bisa berlangsung merata (kepala bappeda jabar). Ada beragam projek untuk mempermudah akses ke wilayah jabar selatan yaitu Jalan raya Bandung-Rancabuaya sepanjang 85 km mutlak harus diperbaiki dengan pelebaran dan pelurusan. Semboyannya jakarta-rancabuaya hanya 4.5 jam bisa istirahat sambil makan malam di pinggir pantai rancabuaya.
Pembangunan jalan tol juga diwacanakan seperti tol cileunyi-tasikmalaya sepanjang 76 km, juga dari padalarang ke sukabumi melalui cianjur.
Kemudahan akses transportasi ditingkatkan dengan rencana menghidupkan lagi jalur-jalur kereta api dan revitalisasi pelabuhan berikut perbaikan kualitas jalan.
Harus ada kerjasama antar wilayah perbatasanuntuk mempermudah akses ke selatan sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati. Pembangunan infrastruktur mesti dilakukan dengan ramah lingkungan sekaligus memberdayakan masyarakatnya. Untuk jalan tol harus menyediakan banyak akses pintu tol yang bisa menghubungkan jalan kabupaten dengan jalan tol sehingga daerah yang dilintasi tidak lantas mati seperti pada kasus tol cipularang.
Jalan raya cirebon-kuningan-cikijing-ciamis pada tahun 2010 ini diusulkan menjadi jalan persiapan nasional sebelumnya berstatus jalan provinsi. Jalan ini akses lebih singkat yang menghubungkan ciayumajakuning dengan priangan selatan (ciamis, banjar dan tasikmalaya).

Sunday, May 9, 2010

CITARUM PERLU DANA RP. 3.3 TRILIUN

PERMASALAHAN
  • Program penanganan sungai citarum secara permanen dari segi fisik memerlukan anggaran rp. 3.3 triliun diluar dana untuk permasalahan sosial di sepanjang daerah aliran sungai citarum
  • Pada acara rakor kesra yang dihadiri menko kesra, menteri kehutanan, menteri pekerjaan umum, menteri lingkungan hiduo dan gubernur jawa barat membahas penanganan terpadu DAS citarum yang berlangsung di kantor menko kesra di jakarta senin 5 april 2010
  • Pada kegiatan fisik penanganan 9 anak sungai citarum, penanganan banjir di bandung dan karawang, menyelesaikan tata ruang jabar, penanganan erosi, sedimentasi, dan normalisasi sungai citarum termasuk pelebaran sungai
  • Selain itu pembangunan 22 waduk dan kolam, penanaman hutan kembali dan penanganan operasional 3 waduk besar saguling, jatiluhur & cirata
  • Penanganan harus secara keseluruhan dan terpadu dan memerlukan biaya yang besar 
  • Pokok masalah banjir yang melanda kawasan DAS citarum adalah rusaknya hutan di hulu, pola bercocok tanam masyarakat yang salah, seharusnya lahan dengan kemiringan 45° ditanami dengan tanaman keras tapi malah ditanami tanaman musiman
  • Ada sekitar 50.000 ha lahan yang seharusnya menjadi kawasan konservasi, cagar alam dan hutan lindung bahkan ada kawasan yang kemiringannya cukup besar. Dan bahkan banyak terjadi alih fungsi lahan yang parah 
  • Gubernur jawa barat menyoroti masalah sosial budaya, kawasan hutan di jawa barat agak berlainan dibanding daerah lain. Di daerah lain kawasan yang dikelola perhutani lebih besar tetapi di jawa barat kawasan yang dimiliki dan dikelola rakyat justru lebih besar dibanding yang dimiliki  perhutani
  • Gubernur mengharapkan kedepan akan dibuat tim penanganan masalah sosial yang bertugas mencari cara alih fungsi mata pencaharian bagi rakyat ketika mereka dilarang bertanam tanaman musiman di lahan kemiringan 15° keatas
  • Gubernur juga menyingung keluarga berencana dan transmigrasi penduduk, dan menyatakan pentingnya seluruh pemangku kepentingan di jawa barat dan indonesia secara umum untuk mengkampanyekan cinta lingkungan dan kempanye mencintai lahan lestari
  • Menteri PU menyinggung pentingnya keberadaan waduk berapa pun besar dan kemampuannya dalam rangka konservasi air atau pengendalian banjir
  • Ada nya masalah sosial seperti banyak orang membuang sampah ke sungai dan membuat permukiman di pinggir kali. Yang terjadi di ciliwung juga terjadi di citarum, kemudian sungainya menjadi sempit untuk itu diperlukan rencana induk.

Saturday, May 8, 2010

KALI CIHUJUNG MELUAP, PULUHAN RUMAH TERENDAM

PERMASALAHAN
  • Puluhan rumah penduduk terendam banjir akibat meluapnya air kali cihujung kamis 20 mei malam akibat hujan lebat
  • Warga masih bergotong royong membersihkan sisa-sisa lumpur bekas luapan air dibantu mobil pemadam kebakaran
  • Walikota cimahi mengunjungi lokasi kejadian dan mengatakan meluapnya kali cihujung akibat tersumbatnya saluran air di beberapa titik yang dilakukan industri di daerah tersebut
  • Jika berdasarkan pengecekan ternyata benar ada penutupan saluran air akan langsung dibongkar
  • Yang menjadi fokus saat ini adalah upaya normalisasi fungsi saluran tersebut jangan sampai disalahgunakan sehingga akan menimbulkan bahaya bagi warga dan lingkungan sekitar.

Friday, May 7, 2010

RP. 5 MILYAR UNTUK PERBAIKAN TANGGUL

PERMASALAHAN
  • Dua kal terendam air kiriman dari bogor pemkot bekasi berencana menggunakan dana bantuan bencana alam sebesar Rp. 5 miliar khusus untuk perbaikan 2 tititk tanggul kali bekasi yang jebol saat terjadi banjir kiriman
  • Alokasi penanganan bencana banjir sudah disiapkan pada anggaran penanggulangan bencna
  • Titik tanggul yang jebol terjadi di belakang perumahan jatiasih indah sekitar 75 meter dan di belakang perumahan pondok mitra lestari sepanjang 30 meteran
  • Selain perbaikan tanggul pada tahun ini juga ada rencana pembangunan tebing kali bekasi yang mendapat bantuan dari badan nasional penanggulangan bencana
  • Dana penguatan tebing di sejumlah titik dekat perumahan pondokgede permai Rp. 3.3 miliar dan penguatan tebing dekat perumahan kemang IFI Rp. 1.3 miliar
  • Pemkot juga akan membangun sejumlah tebing di kali aliran cileungsi dan cikeas
  • Pemkot akan menggunakan sebagian dana bantuan penanganan paska bencana senilai Rp. 16.5 miliar untuk perbaikan tanggul itu.

Thursday, May 6, 2010

WATERPARK DINILAI TANPA STUDI KELAYAKAN

PERMASALAHAN
  • 2 dari 6 fraksi DPRD banjar yakni demokrat dan PPP menilai pembangunan waterpark banjar tidak melalui studi kelayakan dan analisis yang bersifat holistik
  • Terbukti kendati pembangunan waterpark telah selesai masih mengalami kebuntuan dalam hal pengelolaannya
  • Karena sebelum pembangunan tidak dilakukan analisis dan studi kelayakan ketika akan menentukan pengelola waterpark senilai 20 miliar itu pemkot bingung
  • DPRD melalui pandangan fraksi-fraksinya sepakat pengelolaan waterpark merupakan kewenangan dan tanggung jawab eksekutif
  • Sementara walikota banjar mengatakan pemkot cenderung mengelola waterpark dengan membentuk perusahaan daerah baru. Namun sebelum memutuskan untuk membuat perusahaan daerah pihaknya akan membuat studi kelayakan dulu untuk menganalisis kemungkinan lain
  • Jika waterpark dikelola perusahaan daerah pemkot bisa melakukan intervensi sejak awal dalam tata kelola objek wisata tersebut dan pemkot juga memiliki kewenangan dalam melakukan manuver usaha untuk mengembangkan wahana sekaligus meningkatkan pendapatan asli daerah.

WARGA CICENDO MINTA KIRMIR

PERMASALAHAN
  • Warga sekitar jalan cicendo sepakat tidak lagi memperbaiki jembatan di sungai citepus yang sudah ambruk tergerus air sungai yang besar
  • Terlalu besar resikonya kalaupun diperbaiki kembali sebab terlalu dekat dengan limpasan air dari 2 sumber lagipula ada 2 jembatan lain yang bisa digunakan
  • Pemkot bandung melalui DBMP kota bandung diminta melakukan pembongkaran karena khawatir kalau dilakukan sendiri bisa merusak
  • Hujan deras yang terjadi sejak sabtu sore hingga malam hari menyebabkan bantaran sungai di dekat jembatan tersebut ambrol sekitar 2 meteran pinggiran sungai ambles dibawa aliran sungai 
  • Sekitar tahun 1980-an sungai citepus yang mengalir disana lebarnya tidak lebih dari 1.5 M namun gerusan air yang semakin deras membuat sungai 
  • semakin lebar. Kini lebarnya hampir 10 M. apalagi sejak 5 tahun lalu aliran sungai cilimus kembali dibuka
  • Warga meminta pinggiran sungai citepus segera dikirmir supaya air tidak lagi menggerus pinggiran sungai
  • Untuk pembongkaran diserahkan kepada DBMP sebab secara teknis lebih mengetahui supaya lebih aman

Wednesday, May 5, 2010

PERBAIKAN JALAN DILAKUKAN MULAI JUNI

PERMASALAHAN
  • Anggaran senilai Rp. 27 miliar disiapkan pemkab bandung barat untuk perbaikan fisik sejumlah ruas jalan, rencananya perbaikan bisa direalisasikan juni 2010,
  • Anggaran itu nantinya akan digunakan untuk pemeliharaan jalan secara periodik,
  • Perbaikan tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba pasalnya mekanisme lelang perlu ditempuh terlebih dahulu yang diperkirakan dibuka mulai mei 2010
  • Diprediksi perbaikan fisiknya baru bisa dimulai juni 2010 bentuk perbaikan berbeda disesuaikan kebutuhan jalan misalnya pemasangan beton atau hotmix
  • Mengenai perbaikan jalan cipada-cisomang di desa ganjarsari cikalongwetan jalan itu termasuk jalan yang akan diperbaiki,
  • Sebelumnya sejumlah warga cikalongwetan melakukan demo dengan menanam padi di jalan agar jalan cisomang barat-cipada yang sempat terputus karena, ambles agar segera diperbaiki
  • Pada 7 april 2010 tanah bukit dan jalan ambles sekitar 60 cm karena hujan deras

Tuesday, May 4, 2010

SUNGAI CIGULAMPENG MENYEMPIT & DANGKAL

Penyempitan badan sungai dan pendangkalan ditengarai menjadi penyebab meluapnya air sungai cigulampeng dan menggenangi rumah di 3 kelurahan kec. Garut kota.
Saluran drainase tanpa dinding kirmir sebagai pembatas menyebabkan lapisan tanah tergerus arus sungai secara terus menerus menyebabkan pendangkalan.
Pihak kecamatan sudah mengajukan pelebaran badan sungai dan  pembangunan kirmir ke pemkab garut sejak 2004.
Sungai sudah tidak mampu menampung debit air yang tinggi dari hulu ditambah limbah dari pabrik kulit sukaregang.
Hujan deras mengakibatkan satu rumah ambruk dan ratusan lainnya terendam banjir di kec. Garut kota.
Panjang sungai yang perlu dibangun kirmir sepanjang 350 M dengan tinggi minimal 3M, badan sungai yang menyempit di sejumlah titik perlu disamakan hingga 4-5 M agar bisa menampung debit air yang limpas.
Bupati garut menjanjikan akan memperbaiki saluran drainase dari hulu sampai hilir sungai dan akan membetulkan saluran drainase agar bisa menampung debit air yang mengalir

TOL CISUMDAWU MENJADI PILIHAN TERBAIK BAGI SUMEDANG

PERMASALAHAN
  • Rencana pembangunan tol cileunyi-sumedang-dawuan (cisumdawu) memiliki arti penting untuk kemajuan kabupaten sumedang dan akan menarik investor sekaligus mengurangi beban tekanan di jalur cadas pangeran,
  • Panjang jalan tol cisumdawu sekitar 60.1 km dan akan membuat akses masuk ke sumedang lebih mudah dan strategis sebagai penyangga jawa barat,
  • Jarak antara tanjung sari sumedang dari buah batu bandung hanya 25 km dengan akses tol jarak tersebut akan ditempuh dengan waktu relatif singkat,
  • Sumedang juga diapit pengembangan kawasan cirebon dan bandung yang akan memberi penunjang bagi 2 kawasan itu. Terlebih ditambah waduk jati gede akan membuat sumedang makin berkembang,
  • Keberadaan tol secara ekonomis akan membawa kemajuan termasuk jika bandara internasional majalengka sudah mulai beroperasi,
  • Kalau jalan tol berjalan sesuai rencana maka jalan tersebut akan menyelamatkan cadas pangeran karena sebagian besar kendaraan truk besar atau lainnya akan masuk ke jalan tol,
  • Kondisi sekarang sedang berlangsung pembebasan tanah untuk segmen 1 & 2, segmen 1 dari cileunyi sampai tanjungsari, segmen 2 dari tanjungsarisampai kota sumedang. Diharapkan pada 2010 pembebasan untuk jalan tol segmen 1 & 2 segera selesai,
  • Jika pembebasan tanah sudah selesai pemerintah pusat akan membangun fisiknya dengan pembiayaan dari cina mulai tahun 2011,
  • Pemerintah dipastikan akan mengambil alih pembangunan projek cisumdawu sekitar 50 km karena kurangnya minat investor menanamkan modalnya pada projek tol jabar bagian timur itu.
  • Para investor mengkhawatirkan sepinya pengguna jalan tol tersebut, namun pemerintah optimis jalur itu bisa hidup bila disinergiskan dengan bandara kertajati dan kemudian disinergiskan dengan jalan tol trans jawa,
  • Biaya pembuatan jalan tol sekitar Rp. 50 miliar perkilometernya, tol cisumdawu ditargetkan tuntas dalam 5 th kedepan kemudian akan disinergiskan dgn tol intra urban bandung.

Monday, May 3, 2010

PEMBEBASAN LAHAN TOL CIKAPALI TERSISA 20 HA

PERMASALAHAN
  • Pembebasan lahan untuk projek tol cikampek-palimanan (cikapali) di kabupaten majalengka masih tersisa kurang lebih 20 ha dikarenakan banyak warga yang belum bersedia lahannya dibebaskan karena belum sepakat mengenai ganti rugi.
  • Lahan yang belum dibebaskan tersebar di beberapa desa dan kecamatan yang jumlah arealnya sedikit-sedikit.
  • Lahan yang belum dibebaskan paling luas di kecamatan jatiwangi terdiri atas desa jatiwangi, jatisura dan surawangi.
  • Yang terpenting bagi masyarakat sebenarnya adalah keterbukaan soal harga yang dikeluarkan oleh pemerintah.
  • Pada pembebasan lahan bandara internasional jawa barat masyarakat dapat menghitung sndiri berapa jumlah uang yang akan diterima karena patokan harga tanah dan luas lahan terpampang di kantor balai desa, baik harga pepohonan maupun harga lahan sudah jelas standarnya.

Sunday, May 2, 2010

METROPOLITAN CIREBON SEBAGAI PUSAT KEGIATAN NASIONAL

Cirebon kini menjadi titik persilangan kutub-kutub perekonomian di jawa, baik jakarta raya dan bandung raya di sebelah barat maupun jawa tengah di timur. Cirebon juga memiliki jalinan akses dengan wilayah selatan baik jawa tengah selatan maupun jawa barat bagian selatan (priangan selatan).
Akses-akses ke kutub-kutub pertumbuhan itu bertemu di ciayumajakuning sehingga tidak berlebihan cirebon ditetapkan sebagai pusat kegiatan nasional.
Posisi geografis cirebon juga sangat strategis karena menjadi pusat pertemuan di berbagai daerah pertumbuhan.
Cirebon mudah dijangkau dari berbagai arah, dari bandung bisa ditempuh melalui jalan raya bandung-sumedang-majalengka-cirebon. Sedangkan dari jakarta bisa melalui tol jakarta cikampek dilanjutkan dengan jalur utama pantura yang sebagian besar sudah double track.
Akses dari bandung akan lebih mudah jika jalan tol ruas cicalengka-sumedang-dawuan (cisumdawu) selesai dibangun dan dari jakarta akan jauh lebih cepat dan lancar bila ruas tol cikampek-palimanan selesai dibangun.
Akses ke timur selain jalur utama pantura untuk jawa tengah utara juga bisa diakses dengan ruas tol kanci-pejagan untuk interkoneksi dengan jawa tengah selatan.
Jalur lain ke cirebon bisa terhubung melalui ruas jalan raya cirebon-beber-kuningan-majalengka-cikijing-ciamis jalur ini untuk obilitas dengan priangan selatan meliputi ciamis, banjar, dan tasikmalaya.
Untuk menghubungkan dengan priangan selatan jalur cirebon-kuningan-cikijing-ciamis akan dinaikkan menjadi jalan persiapan nasional.
Kelak jika ciayumajakuning maju akses jalan akan menjadi koridor selatan untuk percepatan pembangunan di priangan selatan. Seluruh potensi ciayumajakuning bakal bisa dikembangkan, indramayu bisa memanfaatkan hasil pertanian padi, perikanan, dan migas. kota cirebon berpeluang memaksimalisasi pusat bisnis, jasa dan perdagangan.
Kabupaten Cirebon selain bisnis jasa dan perdagangan juga diproyeksikan sekitar 3000 ha untuk kawasan industri. Kuningan tetap pada pengembangan wisata dengan memperkokoh potensi di bidang perkebunan, perikanan darat dan keindahan alam gunung ciremai.
Majalengka akan maju sangat pesat dengan adanya bandara internasional kertajati dan akan disupal menjadi pusat bisnis yang ramai. Majalengka akan menjadi  pintu gerbang udara penghubung ciayumajakuning dengan berbagai kota di indonesia ataupun masyarakat internasional.
Ciayumajakuning tidak hanya sebagai tempat persilangan budaya melainkan juga sekaligus ekonomi

INFRASTRUKTUR BELUM OPTIMAL DIBANGUN

PERMASALAHAN
  • Pembangunan infrastruktur dan ekonomi di subang dinilai belum berjalan secara maksimal kondisinya masih jauh dari harapan warga,
  • Melihat kondisi infrastruktur yang ada kab. Subang yang sudah berusia 62 th masih jauh untuk dikatakan kabupaten maju di Indonesia,
  • Pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan belum bisa menjangkau harapan masyarakat,
  • Pendapatan perkapita penduduk subang masih berkisar Rp. 9.5 juta pertahun artinya masih berada di bawah garis kemiskinan
  • Kondisi infrastruktur khususnya jalan memang sangat memprihatinkan sepanjang 1.054 km dalam kondisi rusak namun baru bisa diperbaiki 70 km saja,
  • Tahun ini alokasi dana yang dianggarkan untuk perbaikan jalan hanya Rp. 54 miliar padahal agar semua jalan rusak bisa dinormalisasi dibutuhkan anggaran sebesar Rp. 1 triliun

JALAN DI JALUR SELATAN GARUT CEPAT RUSAK

PERMASALAHAN
  • Akibat sering dilalui kendaraan dengan tonase berlebihan ruas jalan di wilayah selatan cepat mengalami kerusakan.
  • Kontur tanah yang kebanyakan merupakan titik rawan bencana menyebabkan ruas jalan yang dibangun tidak tahan lama
  • Ruas jalan yang rusak berat di kab. Garut mencapai 344.13 km dari total panjang jalan 827.8 km se kab-garut atau mencapai 41.52%
  • Dari total panjang jalan kabupaten 209.18 km jalan dalam kondisi rusak sedang dan 274.45 km ruas jalan dalam kondisi baik.
  • Selain jalan kabupaten lebih dari 4.0000 km jalan desa di kabupaten garut rusak parah dan dana yang tersedia untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan hanya sebesar Rp. 14 miliar.
  • Rencana perbaikan jalan desa baru mencapai 200 km bagi 200 desa saja dalam bentuk bantuan aspal
  •  Pada tahun anggaran 2010 dinas bina marga provinsi jabar melakukan perbaikan ruas jalan cikajang-pameungpeuk senilai Rp. 3.5 miliar.
  •  Pemprov jabar juga berencana membangun ruas jalan tembus antara kab. Bandung-kab. Garut melalui pangalengan sampai rancabuaya
  • Ruas jalan lingkar selatan jabar berubah status menjadi ruas jalan strategis nasional sebagai bagian dari program nasional menyambungkan seluruh wilayah pesisir selatan mulai dari jatiwangi sampai banten.
  • Projek itu harus selesai pada tahun 2013 nilainya mencapai Rp. 2-3 triliun untuk jalur lingkar selatan sepanjang 134 km.
  • Diharapkan projek itu bisa segera terlaksana sehingga jalur selatan menjadi jalur utama penghubung daerah se-pulau jawa.