Saturday, August 22, 2009

KERJASAMA ANTAR DAERAH SEIRING SEJALAN MEMBANGUN PERBATASAN

Pembangunan di wilayah perbatasan antar kabupaten maupun provinsi selama ini sepertinya tidak menjadi prioritas pemerintah.
Padahal sebenarnya perbatasan merupakan daerah strategis, salah satunya adalah soal pelintas batas yang seringkali menimbulkan masalah mulai dari soal administrasi kependudukan sampai hal yang berpotensi menimbulkan konflik sosial.
Medio november lalu digelar pertemuan 6 kabupaten di perbatasan kuningan, cirebon, majalengka dan ciamis mewakili perbatasan jawa barat dan dari Jawa tengah diwakili cilacap dan brebes. .
Pertemuan dihadiri pejabat di lingkungan Bappeda serta pejabat setingkat asisten daerah (ASDA) mewakili setiap pemimpin daerah.
Asda bidang pemerintahan kab. Kuningan selaku tuan rumah mencoba menyampaikan perlunya pembangunan terintegrasi antar daerah perbatasan jawa barat dan jawa tengah.
Kerjasama regional dimaksudkan agar pemda perbatasan dapat menjalin kerjasama dan mengembangkan hubungan saling menguntungkan dan mengurangi kesenjangan antar daerah seperti pembangunan sarana dan prasarana transportasi, pengembangan potensi ekonomi sampai persoalan keamanan   ( Bupati Kuningan H. Aang ).
Salah satu contoh yang mengemuka adalah pembangunan jalan antara cibingbin kuningan yang tembus ke jawa tengah melalui banjarharja brebes. Sarana tersebut masih perlu ditingkatkan karena belum bisa dilalui kendaraan besar seperti bus.
Isu perbatasan lainnya antara ciamis dan cilacap selatan yang terkait isu sensitif soal sodetan sungai citanduy. Selama ini terdapat perbedaan pendapat
Bentuk konkret kerjasama adalah membangun prasarana jalan transprovinsi. Statusnya tetap jalan kabupaten tetapi interkoneksinya tersambung antara wilayah yang berada di jawa barat dan jawa tengah.
Para pejabat sepakat tahun depan pertemuan akan lebih ditingkatkan dengan mempertemukan para bupati.
Kini keenam wilayah itu tengah membuat proposal skema kerjasama regional untuk diajukan dalam "Kuningan Summit 2010" mendatang.
Rencana kerjasama yang akan diajukan dalam proposal kuningan summit 2010 mendatang diantaranya :
- Kuningan tengah membangun RS representatif harapannya penduduk perbatasan ciamis, cilacap dan brebes yang memerlukan perwatan tidak perlu pergi  ke semarang, bandung atau ibukota kabupaten yang letaknya jauh tapi cukup ke kuningan yang jaraknya relatif dekat.
- Ada puluhan ruas jalan dan jembatan yang perlu ditingkatkan kualitasnya baik di wilayah kab. Kuningan maupun ruas jalan ke wilayah lain seperti ciamis brebes dan cilacap.

0 comments:

Post a Comment