Wednesday, August 26, 2009

PEMBEBASAN LAHAN TOL SEGERA DITUNTASKAN

Sepuluh jalan tol akan segera dibangun di jawa barat. Dua dari sepuluh jalan tol itu merupakan bagian dari tol trans-jawa yaitu tol cikampek-palimanan (116 km) dan tol kanci-pejagan (34 km).
Gubernur jabar mengatakan kepastian tersebut dalam pertemuan dengan wakil presiden boediono pekan lalu.
Kepala Bappeda jabar turut mendampingi gubernur menjelaskan saat ini ada projek 12 ruas tol jawa barat sepanjang 453.6 km. Diantaranya ada yang sudah beroperasi dan ada sebagian besar masih dalam proses perseiapan pembebasan lahan dan konstruksi.
Kesepuluh proyek jalan tol tersebut adalah tol bogor ring road sepanjang 11 km kondisinya operasional dan tahap konstruksi, tol cikarang-tanjung priok (34.5 km) masuk tahap konstruksi, tol ciawi-sukabumi (54 km) masih dalam tahap pengurusan izin dan pembebasan lahan, tol ciranjang-padalarang (33 km), tol cimanggis-cibitung (25.4 km) pembebasan lahan, tol cisumdawu (60.1 km) tahap pembebasan lahan, tol soroja (10.57 km) tahap pembebasan lahan, tol depok-antasari (21.7 km) pembebasan lahan, dan tol dalam kota bandung masih dalam pembahasan bappenas.
Tahun 2010 fokus pembiayaan pembangunan dilakukan guna meningkatkan kualitas infrastruktur khususnya jalan. Dengan alokasi dana mencapai 1 triliun diharapkan kondisi jalan di jabar 93% masuk kategori mantap.
Kondisi jalan yang baik diharapkan memacu pertumbuhan perekonomian khususnya di kawasan selatan jawa barat.

0 comments:

Post a Comment