Thursday, June 10, 2010

Bina Marga Perbanyak Rambu-rambu Lalin di Lokasi Perbaikan Jalan

Ketidaknyamanan pengguna jalan di Jalan Soekarno Hatta dan Jalan AH Nasution masih akan terus berlangsung sampai satu setengah tahun ke depan akibat proses perbaikan yang sedang dilakukan Dinas Bina Marga Jabar saat ini. Sebagai antisipasi untuk menghindarkan jatuhnya korban kecelakaan, Dinas Bina Marga akan memperbanyak rambu-rambu di lokasi perbaikan.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Bina Marga Jabar M,Guntoro yang didampingi penanggung jawab proyek kedua jalan tersebut, Yudha Tamtama dan Indra Maha, saat ditemui "PRLM" di ruang kerjanya, Jalan Asia Afrika, Bandung, Kamis (10/6).
Di samping melakukan perbanyakan rambu di sekitar lokasi perbaikan, Dinas Bina Marga Jabar juga mengharapkan kerjasama masyarakat untuk mematuhi rambu-rambu tersebut. "Saya harap masyarakat dapat memahami terganggunya kenyamanan berkendara akibat proses tersebut. Perbaikan jalan harus didukung oleh semua pihak," ujarnya.
Namun demikian, dia memastikan, untuk sejumlah titik rawan perbaikan Jalan Soekarno Hatta, seperti di daerah Gedebage, akan dituntaskan sebelum Lebaran tahun ini. "Hal ini akan mengurangi kemacetan saat warga pemudik menggunakan jalan tersebut pada Lebaran dua bulan mendatang," ujarnya.`
Perbaikan untuk Jalan A H Nasution, adalah sepanjang 3 km dengan anggaran Rp 13 miliar, dan akan rampung pada Desember 2010. Sementara, perbaikan Jalan Soekarno Hatta sepanjang 11 km dengan anggaran Rp 67 miliar, akan selesai pada November 2011.
Namun, proses perbaikan dapat rampung lebih awal, jika para pekerja menambah jam kerja mereka yang normalnya tujuh jam per hari. "Bisa lebih cepat beberapa bulan jika, misalnya, pekerja menambah shift dan menambah jam kerja," ujarnya.
Di samping itu, dia meminta masyarakat untuk memahami dengan baik soal rambu-rambu yang dipajang di sekitar lokasi perbaikan. "Masyarakat perlu juga belajar arti-arti rambu lalu lintas karena ada sebagian pengguna jalan yang memang tidak mengerti," ujarnya.
Soal perbanyakan rambu, dia sudah menginstruksikan kepada pimpro di kedua jalan tersebut. "Kami sudah meminta pihak pimpinan proyek untuk segera menempatkan rambu yang jelas serta menambah jumlah rambu-rambu peringatan di sekitar lokasi perbaikan agar masyarakat yang melintas di daerah tersebut waspada," kata Guntoro.
Selain itu, dia meminta semua pihak untuk saling bekerjasama dalam menyukseskan proyek perbaikan tersebut. Dicontohkannya, sejumlah rambu ada yang hilang dan yang lainnya berubah posisi karena tertendang oleh pengendara yang lewat. Selain itu, hujan yang turun membuat lokasi perbaikan licin sehingga pada saat-saat tersebut warga diminta meningkatkan kewaspadaan.
Sementara itu, pimpinan projek di kedua jalan tersebut, Yudha dan Indra mengatakan, mereka akan segera memperbanyak rambu-rambu di sekitar lokasi dan meminta maaf atas ketidaknyamanan akibat proses perbaikan tersebut.

0 comments:

Post a Comment