Friday, February 10, 2012

Hatta Minta Bappeda Prioritaskan Keunggulan Daerah

Metrotvnews.com, Ambon: Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa meminta peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) memprioritaskan program keunggulan daerah.

"Menko Perekonomian berhalangan hadir di Rakernas III Bappeda, namun beliau menitipkan arahan agar perlu mendorong pengembangan dan pengelolaan keunggulan daerah menjadi ikon pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana di Ambon, Rabu (8/2) malam.

Armida Alisjahbana yang menyampaikan pokok-pokok pikiran saat sela-sela ramah tamah dan makan malam peserta Rakernas III Bappeda mengutip arahan Menko Perekonomian menyatakan, setiap daerah perlu mengembangkan keunggulan potensi sumber daya alam yang memiliki keunggulan kompratif.

Sasarannya agar mendorong peningkatan kesejahteraan dan ekonomi rakyat yang nantinya berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan.

Maluku, misalnya, dengan potensi sumber daya hayati laut, saat ini menggalakkan budidaya ikan kerapu dengan memanfaatkan keramba apung. Daerah harus memiliki keunggulan komparatif sehingga mendorong investor tertarik menjaminan pemasaran.

"Jadi perlu menggali ikon pembangunan Indonesia berbasis keunggulan provinsi guna merealisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 sebesar tujuh persen," ujar Armida Alisjahbana.

Dia juga memaparkan tentang tema dan prioritas maupun proses penyusunan Rencana Kerja Pembangunan (RKP), penentuan isu strategis provinsi dan usulan pendanaan pembangunan daerah dalam RKP 2013 serta penyelenggaraan Musrenbang 2012.

"Pastinya perlu menciptakan iklim investasi yang menggairahkan guna menjamin kepastian menanamkan modal dari pengusaha asing di Indonesia karena sejumlah negara seperti AS tertarik mengelola sejumlah potensi di Tanah Air," kata Armida Alisjahbana.

Sementara itu, Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu menilai Rakernas III Bappeda diselenggarakan dalam upaya perbaikan sistem dan proses perencanaan maupun realisasi program pembangunan.

"Minimal digairahkan pengelolaan potensi dengan ketersediaan dana yang memadai sehingga tujuan menyejahterakan masyarakat itu terealisasi," ujarnya.

Dia berharap para rakernas mampu menghasilkan deklarasi kesepakatan Rakernas III Bappeda di Ambon yang realisasinya berdampak terhadap Indonesia secara umum dan 33 provinsi secara khusus.

Rakernas III Bappeda se-Indonesia diselenggarakan di Ambon pada 8-10 Februari 2012. (Ant/)

0 comments:

Post a Comment