Tuesday, December 29, 2009

PROJEK LAMBAT DIRAMPUNGKAN

Sejumlah proyek pembangunan gedung-gedung prototype milik pemkab karawang terlambat dirampungkan. Tenggat waktu pembangunan dibatasi namun hingga batas akhir sejumlah bangunan masih belum selesai.
Para pemborong terancam dikenai denda maksimal 5% dari nilai proyek. Total nilai proyek tersebut sebesar Rp. 24 miliar.
Menurut kadis Cipta Karya Karawang diperkirakan baru 4 dari 12 bangunan yang selesai tepat waktu. Sementara sisanya baru dikerjakan 65-80% diperkirakan seluruh bangunan selesai pada Februari 2010.
Ada beberapa alasan keterlambatan yang akan dievaluasi pihak distarcip. Berkaitan dengan force majeur seperti bencana alam, dan adanya kemungkinan penambahan pekerjaan. Perkiraan sementara keterlambatan disebabkan kegagalan penetapan waktu kerja dari pemborong dan gangguan distribusi material.
Contoh keterlambatan pembangunan kecamatan jatisari disebabkan adanya perbaikan jalan di wilayah tersebut. Hal ini menyebabkan keterlambatan distribusi bahan material bangunan karena kendaraan pengangkut tidak bisa melintas.
Alasan lainnya adalah kurangnya tenaga pekerja dan libur hari raya, kalau dihitung terdapat 20 hari kerja tidak efektif sehingga keteteran.
Masa pengerjaan seharusnya sudah diselesaikan sejak 16 desember 2009 kemudian diperpanjang hingga 25 desember 2009. Namun pekerjaan masih belum selesai dan diperkirakan akan selesai pada bulan februari 2010.

0 comments:

Post a Comment