Tuesday, December 22, 2009

WARGA TAGIH JANJI PERBAIKAN JALAN

Warga desa leuwiseeng kecamatan panyingkiran kab. Majalengka masih melakukan aksi blokir jalan diantara desa leuwiseeng - pasirmuncang dengan  memasang batu, drum dan pepohonan.
Aksi yang berlangsung sejak beberapa hari ini menyebabkan akses transportasi ke wilayah itu nyaris lumpuh.
Pemblokiran jalan tersebut akan dilakukan hingga pemerintah bersedia membangun kembali ruas jalan ke wilayahnya.
Kabid Bina Marga menyatakan ruas jalan leuwiseeng-Bonang-Jatiserang-Cijurey dan Pasirmuncang sepanjang 8.4 km tersebut akan segera dibangun.
Pembangunan jalan akan dilaksanakan melalui program peningkatan jalan bersama masyarakat (PPJBM). Dengan demikian pemerintah hanya mengalokasikan bantuan berupa aspal dan alat berat berupa setum. Sedangkan masyarakat mengerjakan lapisan batu bawah dan pondasi.
Program ini akan dilakukan untuk semua wilayah yang di daerahnya memiliki lokasi galian pasir. Jadi nanti warga dari lima desa serta pengusaha galian pasir menyediakan tenaga serta matrial, baik itu batu belah maupun pasir.
Pengerjaan pembangunan lewat program PPJBM ini menghemat anggaran lebih dari setengahnya, jika dibandingkan dikerjakan oleh pemerintah. Dua desa masing-masing leuwiseeng dan jatiserang sudah menyetujui program tersebut. Diharapkan desa-desa lainnya bisa mengikuti.

0 comments:

Post a Comment