Sunday, May 2, 2010

METROPOLITAN CIREBON SEBAGAI PUSAT KEGIATAN NASIONAL

Cirebon kini menjadi titik persilangan kutub-kutub perekonomian di jawa, baik jakarta raya dan bandung raya di sebelah barat maupun jawa tengah di timur. Cirebon juga memiliki jalinan akses dengan wilayah selatan baik jawa tengah selatan maupun jawa barat bagian selatan (priangan selatan).
Akses-akses ke kutub-kutub pertumbuhan itu bertemu di ciayumajakuning sehingga tidak berlebihan cirebon ditetapkan sebagai pusat kegiatan nasional.
Posisi geografis cirebon juga sangat strategis karena menjadi pusat pertemuan di berbagai daerah pertumbuhan.
Cirebon mudah dijangkau dari berbagai arah, dari bandung bisa ditempuh melalui jalan raya bandung-sumedang-majalengka-cirebon. Sedangkan dari jakarta bisa melalui tol jakarta cikampek dilanjutkan dengan jalur utama pantura yang sebagian besar sudah double track.
Akses dari bandung akan lebih mudah jika jalan tol ruas cicalengka-sumedang-dawuan (cisumdawu) selesai dibangun dan dari jakarta akan jauh lebih cepat dan lancar bila ruas tol cikampek-palimanan selesai dibangun.
Akses ke timur selain jalur utama pantura untuk jawa tengah utara juga bisa diakses dengan ruas tol kanci-pejagan untuk interkoneksi dengan jawa tengah selatan.
Jalur lain ke cirebon bisa terhubung melalui ruas jalan raya cirebon-beber-kuningan-majalengka-cikijing-ciamis jalur ini untuk obilitas dengan priangan selatan meliputi ciamis, banjar, dan tasikmalaya.
Untuk menghubungkan dengan priangan selatan jalur cirebon-kuningan-cikijing-ciamis akan dinaikkan menjadi jalan persiapan nasional.
Kelak jika ciayumajakuning maju akses jalan akan menjadi koridor selatan untuk percepatan pembangunan di priangan selatan. Seluruh potensi ciayumajakuning bakal bisa dikembangkan, indramayu bisa memanfaatkan hasil pertanian padi, perikanan, dan migas. kota cirebon berpeluang memaksimalisasi pusat bisnis, jasa dan perdagangan.
Kabupaten Cirebon selain bisnis jasa dan perdagangan juga diproyeksikan sekitar 3000 ha untuk kawasan industri. Kuningan tetap pada pengembangan wisata dengan memperkokoh potensi di bidang perkebunan, perikanan darat dan keindahan alam gunung ciremai.
Majalengka akan maju sangat pesat dengan adanya bandara internasional kertajati dan akan disupal menjadi pusat bisnis yang ramai. Majalengka akan menjadi  pintu gerbang udara penghubung ciayumajakuning dengan berbagai kota di indonesia ataupun masyarakat internasional.
Ciayumajakuning tidak hanya sebagai tempat persilangan budaya melainkan juga sekaligus ekonomi

0 comments:

Post a Comment