Tuesday, May 11, 2010

PUSAT KEGIATAN NASIONAL DI JAWA BARAT

Tiga PKN tidak akan cukup bagi jawa barat untuk mewujudkan mimpi lamanya memajukan wilayah selatan karena semuanya ada di wilayah utara dan tengah yakni jakarta raya, bandung raya dan cirebon raya meliputi cirebon, indramayu, majalengka dan kuningan (ciayumajakuning).
Oleh karena itu akan pemprov jabar akan merancang 2 wilayah PKN di selatan jabar dengan palabuhan ratu dan pangandaran sebagai pusatnya.
Palabuhan ratu dan kawasan sekitarnya memiliki potensi perikanan yang besar sedangkan pangandaran kental dengan corak pariwisata dan perkebunan.
Kalau kelima PKN tersebut bisa berjalan barulah lengkap kemajuan di jawa barat bisa berlangsung merata (kepala bappeda jabar). Ada beragam projek untuk mempermudah akses ke wilayah jabar selatan yaitu Jalan raya Bandung-Rancabuaya sepanjang 85 km mutlak harus diperbaiki dengan pelebaran dan pelurusan. Semboyannya jakarta-rancabuaya hanya 4.5 jam bisa istirahat sambil makan malam di pinggir pantai rancabuaya.
Pembangunan jalan tol juga diwacanakan seperti tol cileunyi-tasikmalaya sepanjang 76 km, juga dari padalarang ke sukabumi melalui cianjur.
Kemudahan akses transportasi ditingkatkan dengan rencana menghidupkan lagi jalur-jalur kereta api dan revitalisasi pelabuhan berikut perbaikan kualitas jalan.
Harus ada kerjasama antar wilayah perbatasanuntuk mempermudah akses ke selatan sehingga seluruh masyarakat dapat menikmati. Pembangunan infrastruktur mesti dilakukan dengan ramah lingkungan sekaligus memberdayakan masyarakatnya. Untuk jalan tol harus menyediakan banyak akses pintu tol yang bisa menghubungkan jalan kabupaten dengan jalan tol sehingga daerah yang dilintasi tidak lantas mati seperti pada kasus tol cipularang.
Jalan raya cirebon-kuningan-cikijing-ciamis pada tahun 2010 ini diusulkan menjadi jalan persiapan nasional sebelumnya berstatus jalan provinsi. Jalan ini akses lebih singkat yang menghubungkan ciayumajakuning dengan priangan selatan (ciamis, banjar dan tasikmalaya).

0 comments:

Post a Comment