Sunday, October 4, 2009

PEMPROV JABAR SIAP BUAT MOU PEMBANGUNAN SPORT

Pemprov jabar akan membuat nota kesepahaman dengan pemkab bandung, terkait status lahan untuk pembangunan SPORT jabar di arcamanik.
Kepala disorda jabar mengungkapkan nota tersebut akan memperjelas status kepemilikan lahan dan apa kompensasi yang diterima kab.bandung.
Kompensasi yang akan diterima pemkab bandung adalah pengembangan infrastruktur sarana olah raga yang akan dibarengi  pembangunan infrastruktur lainnya seperti akses jalan.
Gubernur memiliki kebijakan untuk mengembangkan sarana olahraga seperti SPORT arcamanik dan akan membantu pengembangan kawasan Jalak Harupat. Ada rencana jangka panjang mengembangkan kawasan jalak harupat menjadi kawasan pembinaan olahraga.
Pembangunan akan dilakukan bertahap, akses jalan tol soroja menjadi salah satu pembangunan infrastruktur yang berbarengan dengan pengembangan si jalak harupat.
Pembangunan SPORT akan menjadi tonggak pengembangan sarana olahraga di wilayah lain di jabar termasuk kab. Bandung.
Bupati Bandung menyatakan tidak ada masalah dengan rencana pembangunan SPORT jabar tetapi dia ingin agar administrasi aset itu diselesaikan. Salah satu pilihan untuk penyelesaian aset tersebut adalah tukar guling.
Secara dokumen tanah di arcamanik tersebut masih milik kab. Bandung. Namun pemkab bandung tidak akan menghalangi pembangunan SPORT jabar hanya kompensasinya harus jelas. Selain itu ada kesepakatan antara pemprov jabar dan pemkab bandung.
Pemprov jabar  berencana untuk kembali mengucurkan dana bantuan pembangunan lanjutan bagi kab. Bandung. Rencana bantuan keuangan sebesar Rp. 42 miliar diajukan pada APBD Provinsi Jabar tahun anggaran 2010.
Dana tersebut mencakup untuk bantuan pembukaan dan penutupan Porda Jabar 2010 yang akan dilaksanakan di stadion jalak harupat.
Selama ini anggaran kerap jadi kendala tetapi setelah ada kepastian dari pihak pemprov sudah tidak ada lagi ganjalan.
Hingga saat ini pemkab bandung sedang melakukan pembangunan lokasi cabang olahraga sofbol, bisbol, panahan dan hoki.
Selain itu juga disiapkan sarana infrastruktur dan pendukung lainnya di sekitar kompleks stadion di jalak harupat.
Sekitar 95% tempat pertandingan sudah dapat dipergunakan saat porda jabar 2010 pada juli mendatang.

0 comments:

Post a Comment