Wednesday, February 3, 2010

WARGA MINTA SUNGAI DIKERUK

Warga sekitar sungai di kota bekasi meminta pemerintah segera melakukan normalisasi atau pengerukan pada sejumlah sungai yang mengalami pendangkalan.
Akibat pendangkalan sungai yang cukup tinggi perumahan warga terancam banjir setelah hujan turun berjam-jam di kota bekasi sepekan terakhir ini.
Warga sekitar kali rawa tembaga mengatakan kali tersebut mengalami pendangkalan sehingga daya tampung berkurang padahal debit air hujan sangat tinggi.
Jika kali rawa tembaga meluap akan mengancam sejumlah perumahan seperti perumnas I, Kompleks bumi satria kencana, perumahan kejaksaan dan perumnas II.
Warga sekitar kali jatikramat pondok gede juga mengeluhkan hal serupa sungai sering meluap ke perumahan karena pendangkalan sungai sangat parah.
Bina marga mengakui beberapa sungai di kota bekasi mengalami pendangkalan hingga 50 cm bahkan ada yang mencapai 1 m.
Pada 2010 pihaknya memiliki projek normalisasi sungai ataupun pengerukan sejumlah sungai hanya belum bisa dilaksanakan dalam waktu dekat karena APBD belum bisa dicairkan.
Anggaran untuk bina marga mencapai Rp. 200 miliar selain untuk perbaikan infrastruktur jalan juga akan dilakukan untuk normalisasi sungai dan pengerukan sungai yang mengalami pendangkalan.
Normalisasi sungai kota bekasi diprediksi bisa mengurangi resiko banjir terutama di sejumlah kompleks perumahan yang menjadi langganan banjir di wilayah itu.
Banyaknya pendangkalan sungai juga disebabkan oleh kebiasaan masyarakat membuang sampah ke sungai.

0 comments:

Post a Comment