Wednesday, September 23, 2009

ATASI BANJIR PEMERINTAH AKAN BANGUN 12 WADUK

Untuk mempercepat penanggulangan banjir pemerintah akan melakukan normalisasi anak-anak sungai citarum dan membangun 12 waduk kecil mulai  tahun 2010 - 2014.
Proyek dibiayai dana pinjaman dari Bank Pembangunan Asia & Japan International Cooperation Agency (JICA). Penanganan sungai citarum sangat strategis untuk keperluan irigasi pertanian, pembangkit listrik, dan air minum PDAM DKI jakarta.
Sungai citarum memiliki potensi sumber air 13 miliar m3 perthun dan baru dimanfaatkan 7.5 miliar m3 untuk irigasipertanian, industri dan air baku PDAM.
Sungai citarum mampu mangairi 296.000 ha sawah di kab. Bandung dan memasok air PDAM DKI jakarta sebanyak 400 juta m3/tahun dan kepentingan industri 250 juta m3 / tahun.
Pemerintah melalui BBWS citarum akan melakukan normalisasi 9 anak sungai citarum dari daerah rancakasumba ke arah talun, majalaya seperti sungai cisarea dan sungai cikaro sehingga bisa menekan banjir di majalaya.
Hingga th. 2014 pemerintah akan membangun 12 waduk buatan yaitu waduk cimeta, cikapundung, sukawana, cikukang, cipanengah 1 & 2, ciawiruka, gedebage, citarik, cibodas, cikitu, wakap, cibintinu, ciwidey dengan total pemakaian lahan seluas 41,9 ha dengan daya tampung 3.1 juta m3 air.
Dana pinjaman dari ADB & JICA merupakan tanggung jawab pemerintah pusat sedangkan pemkab bandung hanya diminta bantuan melaksanakan pembebasan tanah.
Dana pinjaman tersebut mencapai $870 juta atau sekitar Rp. 8.7 triliun sampai th. 2017.
Sebelumnya DPRD Kab. Bandung sempat keberatan dengan dana pinjaman tersebut karena akan memberatkan pemerintah.

0 comments:

Post a Comment