Sunday, September 27, 2009

GREEN BELT DILUNCURKAN OLEH 4 KEPALA DAERAH

Empat kepala daerah kawasan bandung raya meluncurkan program green belt pada rabu 23 desember yakni program menanami wilayah disepanjang perbatasan yang saling berdampingan dengan pohon pelindung & produktif sehingga seperti sabuk hijau.
Keempat kepala daerah itu adalah walikota bandung Dada Rosada, Bupati bandung Obar Sobarna, Bupati Bandung barat Abubakar & wakil walikota cimahi Eddy Rachmat.
Plh. Bappeda kota bandung Cucu Nurdin menjelaskan program akan dilaksanakan dalam 4 tahap. Tahap 1 disekitar curug dago, perbatasan kotabandung dengan bandung barat. Tahap 2 di kec. Bandung kulon berbatasan dengan kota cimahi, tahap 3 di kec. Panyileukan dengan kab. Bandung dan tahap 4 di kec. Ujungberung yang merupakan perbatasan kota bandung dengan kab. Bandung.
Tahap pertama ditanam 2400 pohon produktif dan pelindung. Permasalahan lingkungan tidak bisa diselesaikan satu pihak saja tetapi membutuhkan kerjasama serta komitmen bersama seluruh masyarakat.
Kabupaten bandung memiliki peranan penting dalam pasokan air ke beberapa daerah sekitarnya. Daerah yang memanfaatkan sumber air baku wilayah ini adalah kota bandung, kab. Karawang dan daerah lainnya. Untuk itu pemkab bandung setiap tahun mengalokasikan anggaran sekitar  Rp. 3.5 -4 miliar untuk program penghijauan dan rehabilitasi lahan kritis.
Program ini diharapkan tidak hanya jadi seremoni tetapi bisa menjadi komitmen bersama baik pemerintah maupun masyarakat.
Kota cimahi sendiri pada th. 2010 menargetkan penanaman sekitar 5000 pohon.
Diharapkan seluruh elemen masyarakat menyadari pentingnya penghijauan dan pelestarian lingkungan.

0 comments:

Post a Comment