Tuesday, September 22, 2009

BRANDGANG AKAN DINORMALISASI

Dinas bina marga akan mengoptimalkan sejumlah brandgang (saluran air tetapi lebih besar dari drainase) buatan belanda di wilayah bandung.Sejumlah brandgang itu antara lain di Jl. Hasanuddin dan taman cibeunying utara.
DBMP juga akan melakukan normalisasi sejumlah gorong-gorong yang menghubungkan antar-brandgang yang dilakukan secara bertahap dengan mengeruk sedimentasi dan memperlebar brandgang.
Normalisasi brandgang ini sebagai upaya untuk mengurangi banjir cileuncang di kota bandung. Namun terbatas pada brandgang yang masih terbuka dan berada di jalan kalau yang sudah masuk wilayah perumahan tidak bisa dilakukan normalisasi.
Brandgang oleh belanda dimaksudkan sebagai anak sungai yang mengalirkan air dari drainase dan saluran pembuangan warga.
Wilayah yang memiliki brandgang tersebar di bandung lama antara lain kec. Coblong, bandung wetan, sumur bandung, sebagian cidadap, sukajadi dan cicendo.
Dalam perkembangannya brandgang yang mestinya mengalirkan air justru tidak berfungsi secara optimal karena telah berubah menjadi lahan  untuk bisnis, seperti toko, tempat parkir, WC dan halaman bahkan ada yang di bagian atas brandgang telah berdiri bangunan semi permanen,  permanen ataupun non permanen.
Saluran yang semestinya berfungsi sebagai tempat penggelontoran air dari drainase dan saluran pembuangan warga serta kali kecil untuk mengalirkan air ke sungai telah beralih fungsi yang mengakibatkan air tersendat. Akibatnya air kembali ke jalan dan terjadilah cileuncang.

1 comments:

Anonymous said...

Rencana ini sdh ada dari 22/9/2009 dan awal tahun 2014 masih jalan ditempat saja. Kalau lihat
hal2 brandgang bermasalah yang serupa seperti diSurabaya, paling banyak juga solusinya spt terlihat di-internet,yaitu lebih cenderung memihak pada oknum2 penyerobot brandgang yang berduit tebal.Apa kasus KKN/Korupsi Asset Negara ini dapat ditangani KPK juga ?
Jadi wabah kasusnya sdh spt Korupsi/KKN yg dilakukan pada Asset Negara.Apa KPK

Post a Comment