Sunday, September 6, 2009

RUSUN AKAN DIBANGUN DI 10 TITIK

Sepuluh titik kawasan di kota cimahi akan dibangun menjadi perumahan vertikal. Pesatnya pertumbuhan penduduk yang disertai tingginya angka permintaan akan rumah tinggal membuat perumahan vertikal menjadi solusi alternatif yang sesuai dengan kondisi kota cimahi yang hanya memiliki luas 4.036.45 ha.
Hingga kini baru 3 titik di kota cimahi yang telah dibangun perumahan vertikal (rusun) yaitu di kel.cigugur, kel.baros dan kel.cibeureum.
Kepala Bappeda menyatakan pemilihan lokasi pembangunan perumahan vertikal akan difokuskan kepada wilayah padat penduduk.
Rencana pembangunan 10 titik perumahan vertikal tersebut dibahas dalam lokakarya revisi RTRW kota cimahi 2010-2030.
Tujuh titik lainnya yang masuk dalam rencana pembangunan rusun adalah kel. Melong, kel.cibeber, kel.padasuka, sebagian wilayah kel.karangmekar, kel.cibabat, kel.cimahi dan  mekar, kel.cibabat, kel.cimahi dan sebagian wilayah kel.citeureup.
Walikota cimahi mengatakan dengan kondisi wilayah cimahi saat ini keberadaan perumahan vertikal memang sangat menunjang. Namun harus tetap memperhatikan ruang terbuka hijau yang ada.
Jumlah penduduk kota cimahi hampir mencapai 600.000 jiwa. Dengan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat dan keterbatasan lahan di Cimahi sudah tidak memungkinkan lagi untuk membangun perumahan horizontal. Solusi terbaik adalah dengan perumahan vertikal.

0 comments:

Post a Comment