Sunday, September 6, 2009

PENGEMBANGAN SITU CIBURUY HARUS TEGAS

Pemerintah desa ciburuy meminta pemprov jabar agar segera memberikan ketegasan mengenai konsep pengembangan kawasan wisata situ ciburuy karena asetnya dimiliki oleh pemprov jabar dan tertuang dalam rencana lokasi (site plan) yang disuusn 2007 lalu.
Permintaan ketegasan itu mencuat setelah adanya polemik pembangunan bangsal pengelolaan ikan dari dinas peternakan & perikanan kab. Bandung barat padahal semula lahan itu diperuntukkan sebagai akses jalan masuk warga yang tinggal di sekitar situ ciburuy.
Diharapkan pemprov untuk segera turun tangan meluruskan konsep pengembangan kawasan disana sebagai salah satu asetnya.
Pemprov sempat menganggarkan dana sebesar rp. 1.5 miliar untuk membenahi situ ciburuy. Namun sampai saat ini rencana itu belum terealisasi.
Menutur kepala dinas pariwisata bandung barat pengembangan situ ciburuy memerlukan dukungan dari pihak ketiga atau investor. Yang paling mendesak adalah pengerukan lumpur di situ ciburuy yang semakin tinggi.
Status pengelolaan situ ciburuy sudah sejak lama dilakukan pemkab bandung barat meski status asetnya masih menjadi milik Dinas PU & Pengairan Prov. Jawa Barat.
Sudah ada investor yang berminat mengembangkan wisata air ciburuy tetapi baru akhir 2010 atau 2011 baru bisa diimplementasikan.
Investor sudah melakukan kajian kasar untuk mengembangkan wisata air situ ciburuy. Bahkan sudah ada perencanaan untuk membuka usaha kuliner dengan memberdayakan masyarakat sekitar sebagai pemasok dan pelaku usahanya.

0 comments:

Post a Comment