Saturday, April 17, 2010

HINDARI BANTARAN CITARUM

Lebih dari 73 orang di kampung cisameng bandung barat dievakuasi ke bale desa setelah sungai citarum meluap dan menggenangi rumah warga di bantaran sungai.
Curah hujan yang tinggi belum dapat diperkirakan kapan akan berakhir untuk itu warga di sekitar bantaran sungai diminta tidak melakukan aktivitas rutin di sekitar sungai. Debit air saat ini sangat tinggi , besar dan kencang bisa dibilang mengalami peningkatan hingga 200%.
Manajer sipil lingkungan PT. indonesia power UBP saguling mengatakan kecil kemungkinannya tanggul bendungan saguling jebol.
Sudah dilakukan upaya melakukan antisipasi kelebihan air di waduk penampung debit kini mencapai 615 m3 per detik yang merupakan debit tertinggi.
Perusahaan sudah mengoperasikan 4 unit turbin generator siang malam namun hanya mampu menampung debit air sebesar 224 m3 perdetik sehingga air terus melimpas hingga duga muka air melebihi elevasi 643 M dpl yang menyebabkan pintu pelimpasan harus dibuka.
Data terakhir elevasi DMA mencapai 643.92 M dpl sehingga satu dari tiga pintu pelimpas dibuka selebar 2 M dan menyebabkan besar volume air dan arus bertambah kencang. Namun dari segi produksi tinggi debit air berpengaruh positif pada produksi listrik.

0 comments:

Post a Comment