Tuesday, April 13, 2010

JALUR SEPEDA DIREALISASIKAN

Tahun ini bandung akan membuat jalur khusus sepeda tahap lelang sudah dimulai dan akan diumumkan akhir april pembangunan fisik mulai mei. Tahap I yang sudah dilelangkan prioritas di 4 lokasi, I; pembangunan trotoar jalur sepeda di sisi timur Jl. Ir. Juanda (Jl. Diponegoro-simpang dago)  II; di sisi barat Jl. Ir. Juanda (dari Jl. sulanjana-Jl. ganesha), III; sisi barat Jl. Ir. Juanda-Siliwangi, IV; pembuatan marka jalur sepeda di braga-balaikota-gedung sate. Pagu anggaran untuk ke-4 paket ini sebesar Rp. 2.3 miliar.
Tahap kedua tahun depan akan dibuat jalur sepeda di Jl. laswi - Jl. lingkar selatan.
Jalur sepeda dibuat bersamaan penataan trotoar. Jumlah peminat sepeda terus meningkat bahkan tidak sedikit wisatawan dari luar kota datang seperti dari jakarta dengan sepedanya.
Jalur sepeda yang dibuat ada 2 macam yaitu : dengan menggunakan badan jalan yang sudah ada dengan membuat marka dan mewarnainya berbeda dengan jalur yang dipakai mobil dan sepeda motor berupa garis putih putus-putus. Jalur sepeda juga ditandai dengan cat biru langit dan kedua dengan menggunakan jalur pejalan kaki di ruas jalan tidak terlalu padat seperti di Jl. diponegoro (depan gedung sate).
Jalur pejalan kaki eksisting (paving blok) diusulkan untuk dialih fungsikan menjadi jalur sepeda ( lebar 1.2 M ) sementara pejalan kaki dibuat jalur dengan menutup saluran air di area trotoar untuk dialih fungsikan menjadi jalur pejalan kaki. Perombakan trotoar hanya sebatas penutupan saluran air sepanjang trotoar tanpa mengubah jalur hijau. Mudah-mudahan dengan adanya bikeline, goweser-goweser di bandung yang selama ini hanya bersepeda pada sabtu-minggu kedepannya akan  dapat selalu bersepeda dalam segala aktivitas.

0 comments:

Post a Comment