Thursday, April 29, 2010

PSDA TAK PUNYA DANA PEMELIHARAAN DAS

Dinas PSDA jawa barat tak punya anggaran pemeliharaan daerah aliran sungai di kota bandung pada 2010.
Padahal banyak anak sungai di kawasan kota bandung yang kondisi drainasenya parah seperti cinambo dan cisaranten hingga menyebabkan banjir di jalan soekarno hatta.
Padahal th. 2009 PSDA masih mendapatkan anggaran pemeliharaan DAS di kawasan cicadas, citepus dan cidurian.
Pihak PSDA dan BBWS akan membicarakan hal tersebut kepada pusat yakni Bappenas sehingga anggaran untuk pemeliharaan DAS kota bandung dapat tersedia.
Soal dana menjadi krusial karena proses perbaikan dan normalisasi sungai di kota bandung butuh biaya besar.
3 Hal yang harus dilakukan untuk menghentikan banjir di kawasan bandung timur tepatnya perempatan jalan soekarno hatta dan jalan rumah sakit. Yaitu perbaikan drainase sungai cinambo dan cisaranten, peninggian gorong-gorong di sekitar perempatan jl. soekarno hatta - jl. rumah sakit yang selama ini  hanya mampu menampung 50% debit air saat banjir dan pembuatan parit-parit pembuang di masing-masing sisi jalan tersebut.
Penyebab seringnya banjir di kota bandung adalah buruknya drainase di sungai-sungai karena mengalami sedimentasi dan ditumbuhi gulma.
Banjir di perempatan soekarno hatta-rumah sakit semakin parah sejak jalan soekarno hatta ditinggikan th. 2007 karena tidak diimbangi peninggian dan pelebaran dimensi gorong-gorong sehingga limpahan air tidak tertampung.
Bina marga diminta segera merevisi pembangunan tersebut dimensi gorong-gorong harus ditinggikan untuk menghentikan banjir cileuncang di wilayah ini.
PSDA sudah memetakan soal perbaikan sungai cinambo dan sungai cisaranten dan akan dibicarakan dengan bina marga dan BBWS.
Sampai saat ini pembangunan parit-parit pembuang belum bisa dilaksanakan terkait pembebasan lahan.
Sejauh ini PSDA memberikan bantuan berupa karung dan pompa untuk banjir di soekarno hatta.
Dana yang tersedia saat ini hanya untuk pemeliharaan anak-anak sungai di kabupaten bandung bersumber dari pinjaman bank asia.
PSDA juga akan mengupayakan pinjaman dana untuk pemeliharaan DAS kota bandung melalui ADB, bappenas bahkan lembaga bantuan asal jepang.

0 comments:

Post a Comment