Friday, April 2, 2010

ROAD MAP SUNGAI CITARUM SEGERA DIRANCANG

Pemerintah pusat dan pemprov jabar segera merancang road map untuk menanganai persoalan sungai citarum.
Road map untuk menampung kepentingan dan ide dari para pemangku kepentingan sungai citarum seperti disampaikan gubernur jawa barat. Ide untuk membuat road map telah dibicarakan dalam pertemuan gubernur jabar dengan menko kesra dan sejumlah menteri terkait di jakarta awal pekan ini.
Road map akan mencakup cara penyelesaian masalah citarum dengan pendekatan struktural dan non struktural.
Penanganan yang hanya mengedepankan metode struktural seperti perbaikan dan pembangunan infrastruktur terbukti tidak menyelesaikan masalah. Pendekatan non struktural seperti penghijauan kawasan hulu dan pemberdayaan masyarakat di sekitar sungai harus menjadi fokus perhatian semua pihak baik di pusat maupun daerah. Kesemuanya akan dituangkan dalam road map sebagai rujukan semua pihak dalam mengatasi citarum.
Beberapa tahun lalu bappenas telah membuat road map penyelesaian masalah citarum, road map tersebut digunakan acuan untuk program integrated citarum water resources management investment program yang didanai bank pembangunan asia (ADB) sebesar US$ 500 juta.
Proyek tersebut dimulai dengan memperbaiki kanal tarum barat untuk menambah suplai dan memperbaiki kualitas air dari citarum ke jakarta.
Untuk membuat dan melaksanakan road map tersebut dibutuhkan waktu cukup lama. Namun dipastikan dalam waktu 5 tahun kedepan akan ada perubahan drastis di sungai citarum.
Dana yang digunakan untuk perbaikan dipastikan berupa sharing antara APBN dan APBD dan diperkirakan mencapai Rp. 3.4 triliun. Namun belum dipastikan presentase yang harus diberikan dari pusat ke daerah.

0 comments:

Post a Comment