Saturday, April 24, 2010

WARGA TUTUP SALURAN AIR

Sekitar 100 warga dari 6 RW kel. Cipadung kidul menutup tiga titik saluran air di jl. soekarno hatta depan kompleks panyileukan karena mereka menilai saluran tersebut menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di permukiman mereka.
Tiga titik saluran yang ditutup adalah dua saluran bekas patal cipadung dan satu titik dekat pom bensin yang berdekatan dengan bunderan cibiru, 3 saluran tersebut membawa air kiriman dari daerah lain dengan debit terlalu besar.
Sejumlah titik di kecamatan panyileukan rawan banjirkarena secara geografis wilayah tersebut diapit tiga sungai yaitu cipariuk, cisalatri dan cilameta. Kerentanannya juga berkaitan dengan kontur lahan.
Kawasan permukiman di kel. Cipadung kidul yang berada di selatan jl. soekarno hatta posisinya berada rata-rata 1-1.5 meter di bawah muka jalan.
Sejumlah upaya telah dilakukan untuk memperbaiki saluran air dengan peninggian dan pembuatan kirmir di sungai cipariuk sepanjang 1200 M.
Untuk sungai cisalatri upaya yang ditempuh adalah rencana normalisasi dan membuat 2 sodetan, namun terkendala pembebasan lahan.
Program tersebut sudah dianggarkan pada tahun 2009  tapi tidak terserap jadi baru akan dilaksanakan tahun 2010 ini.

0 comments:

Post a Comment