Saturday, March 20, 2010

DESA CIKOLE LEMBANG DIPROYEKSIKAN MANDIRI

Desa cikole kec. Lembang kab. Bandung barat diproyeksikan menjadi desa mandiri terutama secara ekonomi. Kelak desa ini diharapkan tidak bergantung lagi pada daerah lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.
Bupati bandung barat Abubakar menyatakan dukungannya bagi desa yang ingin mandiri. Pemkab bandung barat pada 2010 akan mengusung pengembangan agrowisata.
Agrobisnis di kab. Bandung barat adalah potensi terbesar yang bisa dikembangkan seluas-luasnya untuk kesejahteraan masyarakat. Abubakar menargetkan pengembangan agrobisnis sebagai daya tarik agrowisata.
Kepala desa cikole mengatakan saat ini desanya baru merintis menuju desa mandiri. Sebelum menuju kearah tersebut desa cikole juga dijadikan pilot project desa beradab yang dikelola pemprov jabar. Menurut dia desa beradab adalah awal dari rintisan menuju desa mandiri.
Dalam program desa beradab ini desanya akan diberi bantuan dari pemprov jabar sebesar 1 miliar setiap tahunnya dimulai tahun ini. Dana bantuan harus digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa serta pemberdayaan masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan.
Potensi desa cikole berada di sektor agrobisnis seperti pertanian holtikultura dan sapi perah. 90% warga desa memiliki mata pencaharian dari agrobisnis, 15-20% warga menjadi petani dan peternak dan bergabung dalam kelompok tani atau bermitra dengan lembaga lain untuk memandirikan dirinya sendiri.

0 comments:

Post a Comment