Saturday, March 6, 2010

JALAN CIPAMOKOLAN & CIPADUNG DIBETON

Ruas jalan yang rusak di kota bandung akan dibeton agar tidak cepat rusak karena sering tergerus air hujan dan terendam banjir cileuncang. Th. 2010 ini 121 titik akan diperbaiki dengan dana Rp. 69.2 miliar termasuk pembetonan Jl. cipamokolan dan Jl. cipadung. DBMP saat ini sudah memiliki daftar pihak ketiga yang ikut tender perbaikan jalan, kualitas harus terjamin mengingat kondisi jalan di kota bandung sangat memprihatinkan. Oleh sebab itu pihak ketiga yang tak sesuai standar jangan diberi kesempatan lagi.
Tahun ini DBMP mendapat anggaran Rp. 162 miliar yang relatif kecil untuk pembangunan infrastruktur sehingga penggunaan harus cermat efisien. Perbaikan jalan dilakukan di 121 titik prioritas sepanjang 68 KM termasuk perbaikan gorong-gorong. Untuk 121 titik tersebut dianggarkan Rp. 69.2 miliar dari dana APBD kota bandung, bantuan provinsi 2009 dan dana alokasi khusus (DAK).
Agar lebih awet beberapa jalan akan dibeton sementara yang lainnya digabung antara beton dan aspal hot mix. Jalan yang dibeton diantaranya Jl. cipamokolan (1.050 M), jalan cipadung (800 M0, ciroyom barat, sukamulia, sebagian cibogo bawah, maleber utara, paledang, minyak tanah, dipati ukur bawah, gudang selatan, bahu jalan pelajar pejuang 45, pasir salam, pasirluyu, caringin, pak oyon, cibaduyut raya, babakan ciparay, parakan saat, ciporeat, cigending, gempol ujungberung, babakan teureup, rancabolang dan pinus raya. Jalan yang dibeton dan hot mix antara lain Jl. Aruna, arjuna, supadio, siliwangi, sumur bandung, parakan asri, dan parakan waas. Jalan yang dibeton umurnya bisa lebih dari 5 th sementara jalan aspal umurnya sangat singkat jika drainase jalan buruk. Pasalnya aspal tergerus  air hujan dan terendam banjir.
Pembangunan jalan beton biasanya jauh leih mahal yakni 1 KM jalan beton menghabiskan Rp. 1.5 miliar. Pembangunannya juga membutuhkan waktu, sementara aspal jalan dalam waktu semalam sudah jadi.

0 comments:

Post a Comment