Thursday, March 25, 2010

WAJAR BANJIR DI PULAU JAWA

Banjir yang melanda beberapa daerah pulau jawa dinilai sebagai suatu kewajiban karena merupakan wilayah terbuka yang tidak tertutupi oleh pohon.Wilayah jawa yang tertutup wilayah hijaun hanya 9.8% padahal idealnya wilayah hijau di suatu daerah 25-30%. Jadi tidak aneh banjir sering terjadi di Jawa.
Langkah penghutanan di lingkungan koridor jalan tol yang dilakukan Jasa Marga merupakan salah satu upaya perbaikan lingkungan hidup yang mesti digalakan  secara berkesinambungan untuk menyelamatkan alam.
Idealnya suatu negara memiliki ruang terbuka hijau seluas 60% dari luas wilayah sementara Indonesia masih kurang dari 40%. Penghutanan jalan tol akan membantu program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan presiden serta program Indonesia menurunkan kadar gas.
Keberadaaan banyak pohon di sepanjang jalan tol bisa mereduksi gas buangan yang merugikan.
Selain fokus pada penghijauan pemerintah tengah serius memperbaiki daerah aliran sungai DAS citarum yang akan dilakukan dari hulu sampai hilir melalui penambahan bahan biopori, pemeliharaan situ dan pelebaran sungai demi mencegah banjir.
Wilayah sungai citarum terutama di wilayah hulu kini menjadi masalah serius saat hujan karena kerap meluap saat hujan datang. Wilayah bandung selatan menjadi langganan genangan citarum yang meluap seperti di majalaya, baleendah dan dayeuh kolot di kabupaten bandung.
Jasa Marga telah menyiapkan dana mencapai Rp. 1.4 miliar untuk kegiatan penghijauan  melalui penanaman 173.650 pohon dari berbagai jenis di ruas 530 Km  jalan tol sepanjang tahun 2010.
kegiatan ini diharapkan bisa membuat panorama tol indah, mereduksi polusi, sekaligus memperluas ruang terbuka hijau seperti yang dicanangkan pemerintah.
Jasa Marga akan mengakuisisi beberapa jalan tol untuk menambah wilayah operasional menjadi 750 Km di seluruh Indonesia dengan nilai investasi 25 triliun dan akan dilakukan juga penghutanan pada 400-500 ha lahan baru.
Bupati bandung barat menilai upaya penghutanan merupakan aksi mendukung konservasi lingkungan, pemerintah akan terus berupaya menambah ruang terbuka hijau dan rehabilitasi lahan kritis yang mencapai 10% dari luas lahan kabupaten bandung barat. Dari luas total 130.577 ha lahan kritis mencapai 10.026 ha. Penghijauan dan rehabilitasi lahan mesti digalakan untuk mengurangi lahan kritis tersebut.

0 comments:

Post a Comment