Thursday, September 30, 2010

GEDUNG KESENIAN MULAI DIBANGUN

Pembangunan fisik gedung kesenian Kab. Bandung akan dimulai pada 2011. Tahun ini anggaran pembangunan dialokasikan untuk menyiapkan lahan dan pondasinya. DPRD Kab. Bandung berharap pembangunan gedung ini tidak melupakan pembangunan insan-nsan seninya agar gedung kesenian itu tidak sia-sia.
"Pembangunan fisik akan dimulai 2011. Sekarang sedang pembuatan pondasi dan pemagaran" ujar Sekda Kab. bandung Sofian Nataprawira.
Untuk tahap persiapan dianggarkan dana sekitar Rp. 15 miliar. Pemkab Bandung sendiri mengalokasikan dana sekitar Rp. 30 miliar untuk membangun gedung kesenian dia atas lahan seluas 7 ha itu. Letak gedung kesenian berada diluar kompleks Pemkab Bandung, berseberangan dengan mesjid Al-Fathu.
Diakui, saat ini jumlah sarana dan prasarana untuk seniman dan pemuda di Kab. Bandung masih kurang. Idealnya setiap kecamatan bisa memiliki tmpat berkegiatan bagi pemuda dan kesenian.
Ketua Komisi D DPRD Kab. Bandung Arifin Sobari ingin agar pembangunan sarana kesennian itu dilakukan simultan dengan perhatian terhadap pelaku seni. Jadi pemerintah harus tetap mengalokasikan dana bagi pengembangan senimannya. Selanjutnya jika pemerintah ingin gedung itu digunakan untuk kegiatan pemuda, sebaiknya tidak di gedung yang sama. Bisa saja di kompleks yang sama, tetapi di gedung berbeda sebab kebutuhan pemuda tidak sama dengan kebutuhan seniman.

0 comments:

Post a Comment