Wednesday, September 29, 2010

Tender PLTSa di Gedebage Dimulai November

Pemkot Bandung akan memulai proses tender pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Gedebage pada November mendatang. Saat ini sudah ada enam perusahaan yang berminat, dua di antaranya investor asing.
Enam perusahaan yang mengikut tender adalah PT Bandung Raya Indah Lestari (BRIL) dengan teknologi incenerator , PT Imam Tata Kerta Raharja dari Jakarta dengan teknologi gasifikasi, Korea Eco-energy environment tech dari Korea dengan teknologi incenerator, PT Meta Epsi dari Jakarta dengan teknologi gasifikasi, Samsung dari Jakarta dengan incenerator, Keppel Begher dari Singapura menawarkan incenerator. Kemungkinan yang akan dipakai adalah incenerator karena lebih cepat prosesnya,
Dada menambahkan , dana yang dibutuhkan untuk membangun PLTSa ini Rp 600 miliar. Saat ini Pemkot baru menyanggupi Rp 524 miliar. PLTSa itu nantinya hanya menampung 750 ton sampah sehari. Angka ini jauh dari angka produksi sampah di Kota Bandung yang mencapai 1.800 ton per hari.. Sambil menunggu PLTSa ini rampung, sampah di Kota Bandung akan tetap dibuang ke TPA Sarimukti.

0 comments:

Post a Comment