Wednesday, September 29, 2010

Sering Tergenang Air, Jalan Semakin Rusak

Genangan air di sejumlah ruas jalan selama beberapa hari akibat hujan yang sering turun di wilayah Kota Bekasi membuat kerusakan jalan menjadi semakin parah. Selain memacetkan arus lalu lintas kerusakan jalan yang parah juga membahayakan pengguna jalan, terutama pengendara sepeda motor.
Kerusakan jalan semakin parah terjadi di sepanjang Jln. Raya Jatimakmur Pondokgede hingga sekitar Pasar Pondokgede. Selain itu, kerusakan juga terjadi di sejumlah ruas jalan di wilayah Jatiasih dan Kaliabang Bekasi Utara. Beberapa ruas jalan memang sebelumnya mengalami kerusakan berupa lubang jalan. Namun, beberapa di antaranya mengalami kerusakan setelah terendam air hujan selama beberapa hari akibat hujan yang turun hampir setiap hari di Kota Bekasi misalnya jalan di skeitar Pasar Pondokgede Kota Bekasi.
Beberapa bulan yang lalu, jalan ini masih mulus dan tanpa lubang. Hanya saja setelah masuk musim penghujan, jalan di sekitar Pasar Pondokgede mulai berlubang dan rusak semakin parah. Akibatnya antrean kendaran sering terlihat di daerah ini karena banyak kendaraan yang ingin menghindari lubang jalan sedalam hampir 30 cm dan lebar antara 10 cm hingga setengah meter.
Sementara itu, Jln. Jatimakmur Pondokgede yang sebelumnya sudah rusak kali ini kerusakannya semakin parah. Bahkan upaya warga sekitar untuk menutup lubang jalan dengan bekas matrial bangunan tidak membuahkan hasil. "Baru minggu lalu diuruk pakai matrial bekas bangunan. Namun, belum ada seminggu udah hancur lagi karea hampir tiap hari terendam banjir akibat hujan yang turun," kata salah seorang warga sekitar, Iwan (35).
Dikatakan Iwan, warga sudah sering mengeluhkan kondisi ini. Namun belum ada tanggapan dari pemerintah setempat. Melihat kondisi sekitar jalan diduga genangan air dan banjir yang sering merendam jalan ini disebabkan oleh saluran air yang tidak berfungsi di sekitar ruas jalan ini. Terlihat saluran air di sekitar jalan tidak mengalir. Bahkan, hampir rata dengan jalan karena tertutup lumpur dan sampah. "Memang udah lama drainasenya enggak jalan sehingga kalau hujan airnya ke jalan enggak ngalir ke salurannya," ungkap Iwan.
Beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi sempat mengakui jika salah satu saluran air yang benar-benar tidak berfungsi sehingga menyebabkan genangan air atau banjir yakni di wilayah Jatimakmur. "Salah satu penyebab kerusakan jalan di Kota Bekasi memang karena jalan sering terendam banjir," kata Kepala Bidang Tata Air, Yurizal.

0 comments:

Post a Comment