Tuesday, September 28, 2010

Warga Desak Pemkab Bekasi Lakukan Perbaikan Drainase

Banjir yang kerap melanda wilayah Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, disebabkan karena sistem drainasi di wilayah tersebut yang buruk. Oleh karena itu warga meminta Pemkab Bekasi untuk segera melakukan perbaikan.
"Setiap hujan dengan curah hujan tinggi di wilayah Cikarang Kota pasti banjir. Apalagi di wilayah ini banyak sekali tempat-tempat penting seperti pasar dan terminal induk. Kalau banjir pasti membuat kegiatan warga terganggu," kata salah seorang warga, Suwarman, Selasa (28/9)
Seharusnya, kata dia, Pemkab Bekasi bisa segera mencarikan penyelesaian dari masalah rutin yang sudah lama dikeluhkan warga. Warga ingin Bupati Bekasi bisa melihat langsung penderitaan mereka ketika banjir melanda. “Pengennya pemerintah turun ke bawah memeriksa saluran air yang ada,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Kab. bekasi, Saefullah mengatakan permasalahan drainase hampir terjadi di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Bekasi. Banyak sekali kendala yang dihadapi oleh Bina Marga untuk mengurai persoalan ini.
"Membutuhkan biaya yang tinggi untuk menyelesaikan dengan tuntas masalah ini. Karena hampir di semua kecamatan. Saat ini yang kami lakukan adalah normalisasi Kali Cibeel, Kali Bekasi, Sungai Citarum, Kali Ciherang, dan Kali Cikarang agar air bisa turun ke sungai-sungai tersebut," katanya.
Saifullah mengatakan, sebanyak 42 desa di 16 kecamatan setempat saat ini terancam musibah banjir. Wilayah tersebut mayoritas dilintasi oleh sungai, seperti Kecamatan Tarumajaya, Babelan, Sukawangi, Tambelang, Tambun Selatan, Tambun Utara, Pebayuran, Sukakarya, Cikarang Utara, Cabangbungin, dan Muaragembong.
"Meski begitu kami masih membuat perencanaan perbaikan drainase secara menyeluruh. Karena tetap saja ini merupakan sistem yang berkesinambungan. Bukan satu desa diperbaiki lalu bisa menyelesaikan banjir. Namun harus serempak diperbaiki mana saja yang menjadi saluran pembuangan air," ujarnya.

0 comments:

Post a Comment