Saturday, January 9, 2010

52 Kirmir Sudah Keropos

DBMP kota bandung menerima 52 surat permohonan perbaikan kirmir atau tanggul dari warga. Permohonan terkait dengan kondisi kirmir yang sudah keropos di bagian bawah.
Kabid pemeliharaan dan pembangunan pengairan kota bandung Jaka Wahyu mengatakan hampir setiap hari DBMP menerima permohonan dari masyarakat untuk segera melakukan perbaikan kirmir. Warga mengkhawatirkan kondisi kirmir yang dinilai rawan jebol.
Indikasinya tempak dari bagian bawah kirmir yang sudah keropos bagian atas masih baik tetapi bagian bawah tergerus air sudah keropos.
Guna memenuhi permohonan warga DBMP berupaya menangani secara darurat yakni melakukan perbaikan di titik-titik yang dikeluhkan warga.
Untuk sementara kirmir yang mengkhawatirkan disuntik menggunakan material bangunan sebagai langkah antisipasi.
Sedangkan Kepala DBMP Iming Akhmad menjelaskan penyuntikan diharapkan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya longsor. Namun tidak dapat diprediksi kekuatan air yang mengalir. Kita upayakan tanggap darurat sebagai langkah antisipasi.
Saat ini DBMP belum dapat melakukan perbaikan kirmir secara keseluruhan akan ditangani dulu yang bisa diupayakan.
Umumnya kirmir di kota bandung sudah berumur tua sekitar 20 tahun. Beberapa lokasi dibangun pada tahun 1985. Dari sisi usia sudah terlalu tua dan mungkin kondisinya juga tidak lagi optimal. Makanya harus diwaspadai, warga dapat menginformasikan kepada DBMP apabila menemukan kirmir yang kondisinya memerlukan tanggap darurat.

0 comments:

Post a Comment