Tuesday, January 26, 2010

Pembebasan Tol Soroja Nihil

Pembangunan tol soreang pasirkoja ( soroja ) dikhawatirkan bakal tertunda, karena pembebasan lahan selama tahun 2009 ini nihil.
Alokasi anggaran rp. 30 miliar dalam APBD provinsi jawa barat tahun 2009 untuk pembebasan lahan sama sekali tidak terserap. Anggaran itu kemudian masuk kedalam sisa lebih penggunaan anggaran ( SILPA ).
Karena tidak terserap anggaran pembebasan lahan tahun 2009 itu dianggap hangus. Persoalannya karena antara pemerintah dan masyarakat tidak ada kata sepakat tentang harga tanah.
Selain tol soroja pembebasan lahan untuk bandara kertajati juga bermasalah. Dari anggaran Rp. 160 miliar untuk pembebasan lahan seluas 500 ha hanya terserap kurang dari Rp. 10 miliar. Padahal seharusnya sampai desember 2009 pembebasan lahan sudah terlaksana.
DPRD menuding pemprov jabar tidak matang dalam perencanaan pembangunan bandara internasional kertajati dan jalan tol soroja.
Persoalan yang menghambat dua proyek besar tu adalah tidak adanya kesepakatan harga tanah. Menurut kepala bappeda jabar konsutan apraisal tanah mendapatkan harga tanah berdasarkan hasil survey di lapangan. Masyarakat menolak karena ingin menetapkan harga sendiri. Akibatnya harga tanah di wilayah yang akan dibebaskan melonjak sangat tinggi.
Bappeda mengusulkan agar masyarakat sendiri yang bersepakat untuk menentukan konsultan apraisal harga tanah agar bisa menyelesaikan kebuntuan negosiasi harga tanah baik di kertajati maupun tol soroja.
Kepala Bappeda Kabupaten Bandung Ernawan Mustika mengatakan pembebasan lahan untuk pembangunan tol soroja baru bisa dilakukan th. 2010.
Hal yang sama juga disampaikan Bupati Bandung Obar Sobarna bahwa pembebasan lahan diharapkan rampung sepanjang th. 2010.
Jika sudah mampu diwijudkan tol soroja sangat penting untuk masyarakat kabupaten bandung dan bisa meningkatkan pembangunan di kabupaten bandung.
Total dana yang diperlukan untuk pembangunan ini sedikitnya Rp. 265 miliar. Tahap pertama pengucuran dana dilakukan akhir tahun lalu Rp. 67 miliar.
Pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur memang bukan hal yang mudah karena seringkali muncul banyak spekulan tanah yang menaikkan harga tanpa dasar yang jelas.
Perencanaan pembangunan harus tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat agar setiap pihak terkait bisa memiliki semangat yang sama.

0 comments:

Post a Comment