Wednesday, January 27, 2010

TANGGUL WADUK CIPANCUH AMBLES

Tanggul waduk cipancuh kembali ambles sepanjang 100 meter, kirmir bagian bawah tanggul juga mengalami kerusakan.
Kondisi tersebut dikhawatirkan memicu terjadinya bencana besar jika tanggul jebol mengingat intensitas hujan semakin meningkat.
Pemkab indramayu telah menetapkan siaga bencana terhadap warga di wilayah kecamatan haurgeulis dan anjatan yang berada di bawah waduk yang berada di bawah waduk.
Akibat guyuran hujan bagian tanggul yang retak dan ambles terus melebar dari waktu ke waktu.
Bagian bawah tanggul setinggi 9 M yang telah terpasang kirmir bangunan pasangan batu dan bronjong kawat mulai bergeser ke bawah tak mampu menahan beban.
Waduk cipancuh sejak dibangun th. 1927 tidak pernah mendapat perhatian berarti dalam hal perawatan.
Dari luas areal waduk cipancuh memiliki luas 700 ha yang saat ini dapat berfungsi sebagai penampung air tinggal 350 ha saja.
Akibat daya tampung air menurun drastis hingga setengahnya saat musim hujan genangan air mendesak dan menekan bangunan tanggul.
Sekda Indramayu telah melakukan peninjauan ke lokasi bendungan bahkan alat berat & persiapan lainnya telah disiapkan didaerah tanggul yang ambles.
Pihak BBWS cimanuk-cisanggarung tengah berusaha menyampaikan surat dari bupati indramayu ke Ditjen sumber daya air untuk meminta pemerintah pusat serius menangani masalah waduk cipancuh.

0 comments:

Post a Comment