Monday, January 11, 2010

9 ANAK CITARUM DINORMALISASI

9 anak sungai citarum di wilayah Kab. Bandung akan dinormalisasi mulai th.2010. Sebelumnya BBWS citarum akan melakukan studi mengenai sungai citarum secara menyeluruh mulai maret 2010.
Normalisasi dilakukan dari daerah Rancakasumba ke arah Talun, Majalaya. Diantaranya sungai cirasea, dan sungai cikaro, sehingga bisa menekan  banjir di majalaya dan sekitarnya.
Sungai yang akan dinormalisasi adalah sungai cikeruh, sungai cibeusi, sungai cimande, sungai cikijing, sungai citarik hulu, sungai citarum hulu, sungai cisangkuy hulu, sungai citalugtug dan sungai ciputat.
Studi akan dilakukan mengenai pengelolaan banjir di Jawa Barat termasuk menangani banjir di kab.Bandung yang disebabkan luapan sungai  citarum.
Kualitas sungai citarum sebagai daerah resapan air sudah menurun dari tahun ke tahun menyebabkan banjir yang membawa sedimen lumpur.
Projek normalisasi dibiayai dana pinjaman dari Bank Pembangunan Asia dan Japan International Cooperation Agency, diperkirakan mencapai nilai Rp. 20 miliar persungai.
Pemkab tetap memiliki kewajiban untuk menyediakan dana bagi pembebasan lahan, sedangkan dana pinjaman untuk normalisasi sungai dan  pembangunan waduk.
Hingga th. 2014 pemerintah akan membangun 14 waduk buatan, yaitu waduk cimeta, cikapundung, sukawana, cikukang, cipanengah 1, dan 2,  ciawiruka, gedebage, citarik, cibodas, cikitu, wakap, cibintinu, dan ciwidey.
Ke-14 waduk tersebut akan memakan lahan 41.9 ha dengan daya tampung 3.1 juta m3 air. Jika sungai citarum meluap maka airnya akan masuk ke waduk-waduk tersebut.
BBWS citarum menyatakan untuk menangani banjir di jawa barat khususnya di kabupaten bandung normalisasi akan diawali dengan studi yang komprehensif, juga mengenai penataan kawasan hulu citarum. Penanganan harus dilaksanakan secara menyeluruh.

0 comments:

Post a Comment