Thursday, January 14, 2010

NORMALISASI SUNGAI CITARUM

Sungai citarum yang melintasi rancaekek kab. Bandung perlu normalisasi dalam upaya mengendalikan banjir yang merendam.
Jika normalisasi anak-anak sungai citarum tidak segera dilakukan banjir musiman akan semakin parah bahkan bisa menjadi bencana nasional.
Banjir bandang di rancaekek akibat anak sungai seperti sungai cimande dan cikeruh tidak mampu lagi menampung debit air saat hujan besar.
Penanganan masalah sungai citarum dalam projek Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program diestimasi Rp. 33 triliun.
Dana berasal dari pinjaman Asia Development Bank Rp. 2 triliun dan sisanya dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.
Rencana kucuran dana akan dilakukan 4 tahap. Tahap pertama Rp. 400 miliar untuk pembangunan fisik, perbaikan saluran air, modernisasi irigasi, peningkatan sumber daya air, dan pengelolaan erosi terpadu.
Yang menjadi fokus normalisasi adalah kecamatan majalaya sepanjang 8 km, karena daerah itu memiliki nilai investasi tinggi. Total dana yang di butuhkan untuk normalisasi mencapai Rp. 46.29 miliar.
Normalisasi dimulai dari hulu di majalaya mulai dari ranca kasumba sampai tanggulun dengan estimasi pembebasan lahan 16.75 ha.
Nantinya normalisasi akan memperluas lebar sungai citarum dari 5-8 m dengan kedalaman 1 m menjadi lebar = 15-20 meter kedalaman 3-4 meter.
Projek ini memakan biaya Rp. 25.1 miliar dan biaya konstruksi Rp. 47.19 miliar. Sebagai prioritas majalaya menerima Rp. 4 miliar.
Opsi lain penanggulangan adalah pembangunan tanggul sepanjang 600 m, penyodetan sungai di wilayah pabrik dan pembuatan balai kambang   sebagai drainase.
BBWS citarum sendiri mengatakan pelurusan sungai masih menjadi solusi efektif pencegahan banjir karena mempercepat aliran sungai.
Mengenai rencana pembelian gunung wayang menurut gubernur masih wacana karena keputusan ada  pada pemerintah pusat.

1 comments:

Amisha said...


Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Post a Comment