Sunday, January 10, 2010

PLTA CISOKAN TAK TERSOSIALISASI

Warga pemilik lahan yang akan tergena genangan pembangunan PLTA cisokan hulu di tiga desa di kec. Rongga, kab bandung barat belum mendapatkan sosialisasi perihal pembebasan tanah dan relokasi warga.
Warga juga belum memperoleh kepastian harga pembebasan lahan.
Baru sekali warga bertemu dengan pemborong tanah yang melakukan pengukuran terhadap luas bangunan dan tanah.
Warga hanya menginginkan agar tanah dan rumah mereka dibayar dengan harga yang layak. Karena lokasinya subur dan berbatasan dengan sungai cisokan.
Perihal pembebasan tanah warga seharusnya diberikan sosialisasi mengenai NJOP ataupun informasi mengenai ketentuan pembebasan lahan dan plafonnya  melalui SK bupati.
PLTA cisokan berada diantara dua wilayah yaitu kab. Bandung barat dan cianjur. Projek berada diatas lahan seluas 580 ha di bandung barat & 145 ha di cianjur.
Bupati bandung barat berharap agar projek pembangunan tersebut tidak merugikan masyarakat khususnya di kec.Cipongkor dan kec. Rongga.
Dalam grand design PLTA dengan kapasitas 1040 MW akan berdiri diatas lahan 725 ha dan akan ada 12.000 jiwa yang terkena dampaknya.
Pertengahan 2010 nanti mega projek ini akan diawali dengan membuat jalan baru sepanjang 28 km untuk akses kendaraan berat.
1524 jiwa warga akan direlokasi ke desa ciangkrong tempat hunian baru yang sudah disediakan PLN.
General manager proyek PLN Pembangkitan Hidro Jawa Indra Pribadi, akan selalu kooperatif dengan pemkab dan masyarakat dalam pembangunan PLTA cisokan hulu ini. Ia menjelaskan akan menggunakan tenaga kerja lokal sekitar 200 orang atau lebih untuk kegiatan pembangunan.

0 comments:

Post a Comment