Thursday, January 7, 2010

Pembangunan Waduk Jatigede Mendesak Direalisasikan

Departemen pekerjaan umum memprioritaskan  membangun waduk jatigede di kabupaten sumedang provinsi jawa barat dengan daya tampung hampir 1 miliar kubik dengan cara membendung sungai cimanuk yang memiliki fluktuasi debit maksimum 1.004 m3/detik dan debit minimum 4 m3/detik.
Perbaikan DAS cimanuk diurutan paling atas untuk persiapan waduk jatigede karena waduk tak akan berumur panjang kalau daerah hulu tidak dihijaukan.
Sungai cimanuk merupakan sungai dengan sedimentasi terbesar di Indonesia. Apabila waduk telah dibangun dan daerah tangkapan air di hulu tidak diperbaiki maka waduk jatigede akan segera penuh lumpur hingga tidak sesuai dengan umur operasional yang ditetapkan.
Untuk pembangunan waduk jatigede total lahan yang diperlukan untuk pembangunan seluas 4.931 ha terdiri dari lahan masyarakat seluas 3.573 ha (72.46%) dan kawasan hutan seluas 1.358 ha (27.54%).
Hingga desember 2008 lahan yang sudah dibebaskan seluas 3.583 ha (72.66%) dimana lahan masyarakat seluas 3.399 ha (68.93%) dan lahan pengganti kawasan hutan seluas 184 ha (3.73%).
Jadi luas lahan yang belum dibebaskan adalah 1.348 ha atau 27.34%. Sementara rencana pembebasan lahan di 2009 seluas 70 ha tersebar di 4 kecamatan yaitu jatigede, wado, jatinunggal dan darmaraja serta 11 desa.
Permasalahan lain yang muncul adalah relokasi permukiman warga sebanyak 5.891  KK dimana 600 KK merupakan warga prasejahtera. Relokasi ini harus selesai sebelum waduk digenangi. Perkiraan biaya relokasi yang dibuuthkan sebesar Rp. 560 miliar.
Menteri PU memberi masukan agar pemda turut serta membantu secara maksimal terkait kekurangan pembebasan tanah. Selain itu pembebasan tanah milik perhutani harus diganti di daerah-daerah yang dekat dengan tangkapan air.
Pembangunan waduk jatigede sumedang mendesak untuk diwujudkan karena sangat berarti bagi ketahanan pangan nasional dan dapat meningkatkan produksi padi nasional hingga 1 juta ton.
Waduk itu akan membuat 90.000 ha lahan pertanian beririgasi bakal mendapat pasokan air.
Menurut menteri PU waduk jatigede diproyeksikan selesai th.2013. manfaat waduk jatigede antara lain memberikan Menurut menteri PU waduk jatigede diproyeksikan selesai th.2013. manfaat waduk jatigede antara lain memberikan jaminan pasokan air irigasi, pasokan air baku bagi warga cirebon dan sekitarnya serta sumber pembangkit listrik dengan daya 110 megawatt.
Gubernur jawa barat mengungkapkan setiap tahunnya volume air hujan yang turun di wilayah jawa barat sebesar 81 miliar3 tetapi hanya 8 miliar3 yang terserap ketanah selebihnya terbuang ke laut atau jadi banjir.
Pemerintah provinsi jabar bekerjasama dengan departemen pertanian RI melakukan gerakan konservasi DAS cimanuk yang merupakan penyuplai utama aliran waduk jatigede yang sedang dalam proses pembangunan.
Waduk jatigede akan berfungsi optimal sebagai penyedia air untuk kegiatan pertanian, industri, pembangkit listrik dan sejumlah kegiatan positif lainnya, khususnya bagi wilayah sumedang, cirebon, kuningan dan indramayu dengan tidak merusak lingkungan hidup sekitar aliran sungai.

0 comments:

Post a Comment