Thursday, January 28, 2010

Jalan Tol Gedebage

Salah satu infrastruktur yang akan dibangun dalam pengembangan wilayah bandung timur adalah terminal terpadu dan akses jalan tol.
Pembangunan jalan tol sudah menjadi prioritas pembangunan yang direncanakan sampai tahun 2010.
Jalur jalan tol dimulai dari pasteur menuju jembatan pasopati yang akan dilanjutkan ke gasibu melalui jalan bawah tanah (underpass).
Dilanjutkan pembangunan jalan layang diatas Jl.Surapati, kemudian jalan tol disebelah utara ujungberung tembus ke tol cileunyi dan gedebage.
Sampai saat ini belum ada kesepakatan antara pemkot bandung dengan pemerintah karena jalan tol merupakan kewenangan pusat & jasa marga.
Penyebab terhambatnya pembangunan jalan tol karena belum mendesaknya kebutuhan akses jalur lancar di kawasan tersebut dan belum adanya investor yang bersedia membebaskan lahan dan menjadi penanggung pendapatan jasa marga bila hasil yang diharapkan tidak diraih.
Salah satu alasan alih fungsi terminal bus besar ke gedebage untuk menjadikan gedebage pusat primer kedua akan tetapi hal itu tidak bisa diwujudkan sebelum adanya jalan tol untuk mempermudah akses bus antar kota dan provinsi yang melintasi tol padaleunyi.
Kendala lain adalah investor untuk pembangunan gedebage banyak yang mundur ketika mengetahui lahan belum dibebaskan

0 comments:

Post a Comment